Keinginan setiap wanita untuk menjadi cantik itu tidak ada habisnya. Apalagi di awal tahun baru ini, tidak sedikit wanita yang berencana ingin tampil baru dan lebih cantik.

Beberapa tahun terakhir ini standar kecantikan yang paling diinginkan oleh wanita adalah awet muda. Demikian pula tahun 2015, banyak wanita yang berusaha untuk tampil lebih muda dari usia yang sebenarnya. Ada berbagai perawatan dan tips-tips kesehatan agar kulit wajah tetap awet muda namun pada kenyataanya tidak semudah seperti yang dikatakan. Oleh karena itu, tidak sedikit kaum wanita yang memutuskan untuk melakukan operasi plastik.

Namun kebanyakan dari mereka ragu karena proses pemulihan yang lama setelah bedah ortognatik dan operasi skala besar lainnya. Suntikan botox dan filler juga hanya bisa bertahan untuk jangka waktu tertentu saja. Lalu adakah cara lain yang lebih mudah untuk bisa tampil awet muda? Berikut jawaban Direktur Bedah Plastik Wonjin Seoul Korea, dokter Park Wonjin.
1. ProsedurThread Lifting’, menarik dan mengangkat kulit dengan menggunakan benang khusus. Merupakan prosedur untuk membuat wajah tampak awet muda yang paling efektif dan paling ringan tanpa beban. Kata ‘lifting’ berarti mengangkat dan dalam dunia bedah kosmetik berarti mengencangkan kembali kulit kendur. Pada intinya prosedur ini menarik dan mengangkat kulit sehingga kulit akan langsung tampak kencang.

Prosedur ini cocok untuk wanita-wanita muda yang menginginkan wajah ramping bergaris V dan untuk mereka yang ingin menghilangkan garis halus di wajahnya. Thread lifting juga direkomendasikan untuk kaum wanita paruh baya yang kulitnya kendur dan berkeriput karena proses penuaan.

Operasi hanya berlangsung selama 30-40 menit, dengan anestesi lokal atau sedasi, tidak memerlukan rawat inap dan langsung dapat kembali beraktivitas sehari-sehari. Serta efeknya bersifat semi permanen. Diantara sekian banyak teknik ‘thread lifting’, lifting yang paling sering dipilih adalah lifting yang menggunakan benang khusus dengan jumlah kait yang banyak.

Akhir-akhir ini, perhatian dunia bedah kosmetik banyak terfokus pada ‘V-Lifting’ dimana benang yang digunakan memiliki 2-3 kali lipat jumlah kait dibanding benang yang biasa digunakan. Kaitan benang yang digunakan dalam prosedur v-lifting merangsang lapisan dermis untuk meningkatkan pembentukan kolagen dan elastin serta memperlancar peredaran darah sehingga elastisitas kulit meningkat.

Selain V-Lifting, ada juga ‘Mesh Lifting’ yang menggunakan mesh, ‘Ultra V-lifting’ yang menggunakan benang yang larut dan meresap ke kulit, serta endotine yang menggunakan implan. Akhir-akhir ini lifting yang tidak menggunakan benang namun menggunakan sinar laser serta lifting dengan sayatan untuk mengambil otot, dll juga makin populer.

Ada banyak kasus efek samping lifting yang diakibatkan oleh penggunaan benang illegal atau benang yang belum mendapat persetujuan KFDA (Korea Food and Drug Administration) serta kurang berpengalamannya dokter penanggung jawab. Benang bisa muncul keluar kulit atau bisa juga terjadi efek Dimple (kulit tertarik ke dalam). Oleh karena itu, lebih baik Anda menjalankan prosedur ini di klinik atau rumah sakit yang dilengkapi dokter-dokter berpengalaman”, jelas Dokter Park Wonjin
2. Cangkok lemak, kerusakan sel lemak seminimal mungkin. Apabila tipe wajah Anda adalah tipe wajah tua maka Anda juga bisa mempertimbangkan prosedur cangkok lemak. Lemak diambil dari bagian tubuh yang tidak perlu seperti lemak di perut, paha, dan pantat lalu dimasukkan ke wajah untuk membentuk wajah yang bervolume.

Prosedur ini disarankan untuk menambah volume pada dahi, untuk memperbaiki wajah asimetris, untuk memperbaiki kelopak mata, memancungkan hidung, membuat pipi tampak bervolume, untuk mengatasi keriput serta membuat wajah tampak lebih muda secara keseluruhan.

Seperti peribahasa ‘sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui’, prosedur ini sangat populer diantara kaum wanita karena lemak yang tidak perlu diambil dari tubuh sehingga tubuh juga bisa menjadi lebih ramping dan indah. Tidak ada suatu prosedur yang sempurna, cangkok lemak juga mempunyai kelemahan, yaitu lemak juga bisa terserap oleh tubuh. Namun jangan khawatir, kecanggihan teknologi telah meminimalkan jumlah lemak yang terserap oleh tubuh dan efek dapat bertahan lebih lama.

Teknik-teknik canggih tersebut antara lain teknik ‘Cangkok Lemak Mikro’, yaitu mencangkok sejumlah kecil lemak dari berbagai bagian tubuh, ‘Cangkok Lemak Lipokit’ menggunakan alat canggih yang meminimalkan pemaparan lemak dengan udara, ‘Cangkok Lemak Stem Cell’ yang tahan lama, serta ‘Cangkok Lemak Smart Stem’ yang mencangkokkan sel lemak yang bersih bersamaan dengan stem cell.

Advertisements