Dilihat dari kebiasaan tidurnya, seseorang bisa dikategorikan ke dalam beberapa tipe berikut ini. Termasuk yang manakah Anda ?

Tipe Penidur yang sangat efisien
Seperti seekor burung pagi, Anda merasakan semangat lebih tinggi saat subuh dan pagi hari. Bahkan, Anda bisa melakukan banyak hal sebelum orang satu rumah terbangun.

Kebiasaan Anda untuk bangun lebih pagi sebenarnya dipengaruhi oleh faktor genetik. Tubuh Anda memiliki jam biologis yang stabil dibanding rata-rata sehingga setelah bangun tidur Anda merasa lebih segar dan berenergi. Jika Anda merasa lelah saat bangun subuh, cobalah membuat ruangan tetap gelap saat beraktivitas.

Tipe Penidur nyenyak
Anda akan langsung tidur ketika kepala menyentuh bantal. Anda sangat suka menunda bangun tidur dan menyentuh tombol tunda (snooze) di alarm lalu melanjutkan tidur sekitar 10 menit.

Jika Anda telah memiliki tidur yang menyegarkan, hindari tombol snooze. Sebelum alarm berbunyi, tubuh Anda melepaskan hormon yang meningkatkan kewaspadaan. Jika Anda tekan alarm menjadi snooze, maka tubuh akan kembali melepas hormon pemicu tidur dan menyebabkan Anda pusing.

Tipe  Pengigau
Anda mungkin tidak menyadari ini, tapi ucapan-ucapan Anda saat tidur bisa membuat teman satu kamar terbangun. Mengigau sebenarnya merupakan cerminan dari apa yang ada dalam pikiran bawah sadar Anda. Bisa saja Anda tanpa sadar mengungkapkan perasaan atau rahasia yang coba disembunyikan rapat. Orang yang suka mengigau sebenarnya sangat sedikit.

Tipe Si “burung hantu”
Bagi Anda, tempat tidur kurang menyenangkan dibanding dengan ngemil atau ngobrol dengan teman. Tak heran jika Anda dikenal sebagai “si burung hantu”. Anda adalah tipe orang yang kerap terjaga di tempat tidur dengan mata terbelalak dan bersemangat saat orang lain mulai tidur.

Tipe Penidur ringan
Anda sering menyumbat telinga dengan earphone dan masker mata, tapi tetap saja saat mendengar suara gemerisik sedikit Anda langsung terbangun. Hal ini membuat Anda sulit mendapatkan tidur berkualitas. Siasati dengan memperbanyak porsi olahraga karena saat lelah kita cenderung lebih mudah tidur. Investasikan pula untuk membeli kasur yang berkualitas agar tidur lebih nyaman.

Tipe Pengantuk
Giat bekerja dan rajin bergaul sehingga tidur bukanlah prioritas. Akibatnya, pukul 3 siang Anda sudah terkantuk-kantuk di depan laptop. Anda juga dikenal sebagai seseorang mudah tertidur di rapat.

Sebaiknya Anda menghindari kafein sebelum makan siang dan mulailah memperbaiki pola tidur Anda. Mandi dengan sabun dengan harum lavender atau menjauhi gadget sebelum tidur juga akan membantu Anda lebih mudah mengantuk di malam hari. Hindari begadang di akhir pekan agar Senin pagi Anda tak terlalu melelahkan.

Tipe Pendengkur
Anda adalah salah satu dari 40% laki-laki atau 25% wanita yang mendengkur. Meski Anda sudah mencoba berbagai posisi tidur, tetap saja Anda akan berakhir dengan posisi telentang dan mulut terbuka. Cobalah untuk tidur menyamping. Lakukan olahraga teratur untuk menurunkan berat badan karena hal ini sangat membantu mengurangi dengkuran.