Ketika musim liburan maupun peringatan hari tertentu merupakan sebuah moment yang tepat bagi Anda untuk menyajikan berbagai penawaran dan promo. Namun bagaimana jika tidak ada suatu peringatan apapun dalam satu bulan? Apa yang akan dilakukan oleh tim sales marketing Anda? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda praktekkan :

1. Timbulkan kesan pertama yang memukau

Sadarkah Anda, ketika Anda menjual sebuah product, Anda tidak hanya sekedar menjual product. Pada saat yang bersamaan, Anda juga membangun relasi dan hubungan dua arah dengan potensial customer Anda. Ini adalah salah satu waktu yang tepat bagi Anda untuk menunjukkan betapa pengertiannya Anda kepada customer dengan menyajikan saran yang tepat sesuai kebutuhan, tampilan santai namun penuh perhatian. Buatlah customer memilih Anda bukan orang lain, dengan begitu mereka akan menghubungi Anda jika membutuhkan sesuatu dan siap mendengar apapun informasi dari Anda.

2. Update product sesuai kebutuhan pasar

Jangan lupa gali kebutuhan customer Anda baik dari customer yang paling baru hingga yang paling lama. Dengan adanya database informasi kebutuhan, Anda sewaktu waktu dapat membuat promosi yang sesuai untuk customer dan potensial customer Anda. Pastikan bahwa Anda juga tidak terlambat akan informasi update dari selain customer Anda, agar Anda dapat maju dan berkembang.

3. Layanan prima

Sebagus apapun promo yang Anda buat, jika layanan dari frontliner perusahaan Anda kurang tepat, maka potensial customer akan membatalkan pembelian layananan Anda. Siapkan frontliner Anda dengan kualitas sangat baik, karena baik saja tidak cukup. Pastikan juga frontliner Anda mengusai product, sehingga dapat menginformasikan product dengan tepat.

4. Siapkan tim produksi

Ketika frontliner Anda sudah bekerja sangat baik, namun tim produksi Anda kuwalahan maka pesanan yang datang akan membeludak dan tidak terselesaikan, dan hasilnya customer kecewa. Agar hal tersebut tidak terjadi, selalu pastikan bahwa tim produksi Anda mampu dan memiliki cukup waktu dan tenaga menyelesaikan pesanan tepat waktu.

5. Variasi promo yang menarik

Buatlah Promo secara berkala dan tepat waktu. Promo tidak harus memberikan diskon tapi promo yang Anda buat bisa merupakan bundling product maupun bonus-bonus tertentu. Usahakan selalu ada promo berbeda minimal 2 bulan sekali.

6. Kualitas relasi antar tim

Buat tim Anda selalu solid dan dekat antara satu sama lain, jangan biarkan ada satu hal yang menjadikan jarak diantara mereka. Agendakan sebuah pertemuan untuk mereka dengan harus bekerja satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan, misal dengan adanya games. Buat ruangan kerja mereka rileks dan mudah berkomunikasi untuk meningkatkan kedekatan. Jika suatu tim solid maka apapun yang terjadi mereka Akan mampu menghadirkan kebutuhan customer secara bersama-sama.

7. Komunitas pelanggan

Buatlah agenda pertemuan dengan customer, misal dengan mengadakan workshop atau seminar kecil-kecilan di kantor Anda disetiap bulannya. Hal tersebut akan membuat pelanggan semakin loyal yang mungkin membuat mereka menjadi ambassador secara sukarela, yang tentunya dapat menginformasikan product Anda pada orang lain tanpa Anda minta.

8. Optimalkan tim sales & marketing Anda

Ketika semua kebutuhan terpenuhi maka yang harus Anda optimalisasi adalah tim sales & marketing Anda. Bagaimana mereka harus memperkenalkan product Anda, dan bagaimana mereka harus menjual product Anda. Bekali mereka dengan semua point yang telah ada sebelumnya untuk meningkatkan performa mereka.

9. Gunakan sosial media

Tidak sedikit orang yang mengetahui bisnis Anda melalui social media, maka selalu lakukan update yang interaktif pada account social media Anda. Dengan begitu customer dengan mudah dapat mengerti product Anda dan tentunya membelinya.
Selalu ingat bahwa sales Anda tidak hanya bergantung pada pembelian baru, namun juga dapat dilakukan oleh perpanjangan. Selalu berikan yang customer mau dan jauhkan mereka dari pilihan sulit.