Dalam sebuah bisnis kenaikan harga suatu produk atau layanan adalah hal yang lumrah. Ini merupakan strategi pasar yang dilakukan agar produk yang kita miliki tidak kalah bersaing dengan produk lain. Kenaikan harga yang akan Anda berikan seharusnya mampu menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dan juga kebutuhan pelanggan Anda. Anda juga harus memperhatikan kondisi pasar Anda saat ini, apakah memungkinkan untuk menaikkan harga produk atau tidak. Tidak jarang kenaikan harga suatu produk dapat mengancam hilanggannya pelanggan dari bisnis Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena berikut ini kami share 3 tips menaikkan harga produk dengan bijak:

1. Setarakan kualitas produk dengan harga jual

Ketika Anda ingin menaikan harga produk di toko Anda, jangan abaikan satu hal ini yaitu menyetarakan antara kualitas produk dengan harga jual produk tersebut. Bagaimanapun pelanggan menginginkan kualitad produk yang terbaik dan harga yang rendah. Namun, ketika kita mampu menunjukkan bahwa kualitas produk kita adalah yang terbaik dari lainnya, mereka tentu saja tidak akan merasa keberatan ketika kita akan menaikan harga produk tersebut. Jangan biarkan pelanggan Anda merasa rugi ketika mereka membeli produk Anda dengan harga yang tinggi, namun kualitas yang diberikan sama dengan kompetitor Anda yang menawarkan harga jauh lebih murah. Itu akan membuat kita kehilangan kepercayaan dari mereka.

2. Diskusikan dengan pelanggan Anda

Pelanggan bukan hanya menjadi sumber dari kehidupan suatu bisnis atau usaha, tetapi juga merupakan rekan atau teman dari kehidupan bisnis Anda. Agar pelanggan Anda tidak terkejut dengan perubahan atau kenaikan harga yang Anda berikan, ada baiknya bila Anda mendiskusikan terlebih dahulu perubahan tersebut kepada pelanggan – pelanggan Anda. Dengan melibatkan pelanggan dalam menentukan kenaikan harga, maka adanya resiko kehilangan pelanggan akan semakin kecil. Jika ada banyak pelanggan yang tidak setuju dengan rencana kenaikan yang akan Anda berikan, maka Anda bisa mencoba untuk mencari jalan yang lain. Melibatkan pelanggan dalam rencana yang ingin kita lakukan adalah suatu cara menjaga komunikasi dan keakraban Anda dengan pelanggan Anda.

3. Informasikan perubahan harga

Kenaikan harga bukanlah suatu hal yang dapat dianggap remeh oleh pelanggan Anda. Informasikan perubahan harga yang Anda lakukan kepada pelanggan – pelanggan Anda. Bisa melalui sebuah artikel di website Anda, email atau bahkan via telepon. Hal ini akan membuat mereka tahu dan tidak lagi terkejut ketika harga produk yang Anda naikan tersebut terjun ke pasaran.

Advertisements