Menjadi seorang pelaku usaha bukan hanya harus memikirkan bagaimana jalannya usaha Anda, tetapi juga harus memikirkan bagaimana konsumen yang datang ke toko Anda. Seperti yang banyak orang katakan, konsumen atau pelanggan adalah raja di toko kita. Meskipun terkadang ada saja tingkah dan permintaan konsumen yang membuat kita kesal bahkan marah. Namun, mereka adalah aset berharga dalam usaha kita. Pelayanan yang baik akan membawa konsumen datang lagi, lagi dan lagi. Lalu sebenarnya, pelayanan yang seperti apa yang tidak disukai oleh konsumen? Berikut ini adalah 5 ciri pelayanan yang tidak disukai oleh konsumen Anda:

1. Bersikap acuh kepada konsumen yang datang

Konsumen atau pelanggan adalah raja dari setiap usaha atau bisnis yang kita miliki. Ketika ada konsumen yang datang kepada kita, jangan acuhkan mereka. Tidak jarang ketika ada seorang konsumen yang datang, para pelaku bisnis atau mereka yang betugas melayani konsumen secara langsung malah asyik sendiri dengan rekan kerja mereka, dan membiarkan konsumen mereka untuk berkeliling dan melihat – lihat usaha Anda sendiri. Jangan segan untuk mengajar mereka ngobrol, terlebih tidak menawarkan produk yang Anda jual. Jika Anda masih mengacuhkan pelanggan atau konsumen Anda, jangan salah mereka ketika mereka atau bahkan akan ada konsumen Anda yang lain yang enggan datang kembali ke toko Anda.

2. Memberikan layanan yang terlalu lama

Tidak bisa dipungkiri pelayanan yang lama akan menjadi salah satu faktor yang tidak disukai oleh konsumen Anda. Bayangkan saja, ketika Anda meminta untuk diambilkan sesuatu di sebuah toko oleh seorang pelayan, dan pelayan tersebut tidak kunjung datang dan membawa barang yang Anda minta, Anda tentu saja akan sangat tidak senang dengan pelayanan yang semacam itu. Bisa saja Anda marah – marah meminta pelayan tersebut cepat datang atau bahkan Anda langsung pergi karena sudah malas menunggu terlalu lama. Maka, jangan buat konsumen Anda mendapatkan pelayanan yang terlalu lama.

3. Mengusir konsumen secara halus

Pernahkah Anda kedatangan seorang konsumen disaat toko Anda sudah waktunya untuk tutup? Jika pernah, apa yang Anda lakukan? Tetap melayaninya hingga mereka mendapatkan apa yang diinginkan atau Anda memintanya untuk kembali esok hari? Hal semacam ini sudah sangat sering ditemui. Ketika konsumen datang disaat toko sudah waktunya tutup, sebaiknya tetap layani mereka. Karena, bagaimanapun konsumen adalah raja di toko Anda. Jangan pernah Anda mengusir mereka menskipun itu dengan cara yang sangat halus, karena itu akan membuat konsumen Anda enggan untuk kembali lagi ke toko Anda.

4. Acuh terhadap komplain pelanggan

Setiap komplai dari konsumen atau pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk bisnis kita. Karena, dari kritik yang mereka berikan, terkadang ada sebuah saran yang akan membangun bisnis kita jauh lebih baik. Jangan acuhkan setiap komplai dari pelanggan Anda. Baik itu komplain yang biasa – biasa saja atau yang sangat besar tentang bisnis Anda. Tetap dengarkan setiap apa yang mereka katakan. Tunjukkan jika Anda adalah pendengar yang baik bagi mereka. Dan akan selalu memberikan yang terbaik untuk mereka.

5. Melupakan sebuah sapaan

Hal yang paling penting dalam menghadapi kosumen adalah sebuah sapaan. Entah itu sapaan selamat pagi, siang, malam, atau bahkan ucapan terima kasih dan maaf. Konsumen akan senang ketika mereka datang ke toko Anda dan langsung mendapat sapaan hangat dari pelayan toko Anda. Konsumen akan merasa sangat diharapkan dan senang untutk datang kembali, karena pelayanan yang ramah dan hangat. Dan jangan lupakan ucapan terima kasih ketika mereka selesai membeli di toko kita atau bahkan jika mereka hanya datang dan melihat – lihat saja.