Kurang tidur yang berkualitas di malam hari bisa mengganggu tak hanya kesehatan fisik tapi juga kehidupan Anda secara keseluruhan. Mulai dari menurunnya performa kerja (karena mengantuk dan tubuh lemas), terganggunya kehidupan seks, berpotensi meningkatkan risiko kegemukan dan penyakit jantung serta menimbulkan stres.

Insomnia atau kesulitan tidur di malam hari sebaiknya jangan diabaikan dan dibiarkan berlarut-larut. Jika Anda mengalami masalah sulit tidur, bisa diatasi terlebih dahulu dengan empat cara ini sebelum berobat ke dokter. Berikut ini caranya, seperti dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Jauhkan Diri dari Suara Berisik
Suami yang mendengkur, suara kendaraan dari luar dan sebagainya akan terus membuat Anda terjaga. Ganti semua suara yang mengganggu tersebut dengan lagu-lagu yang membuat Anda nyaman. Jika tidur terganggu karena suami yang mendengkur, bicarakan pada suami kalau Anda ingin tidur di kamar terpisah sementara waktu, atau ajak dia pergi ke dokter untuk mengatasi dengkurannya.

2. Relaksasi dan Meditasi
Ketika sudah berada di atas tempat tidur, cobalah teknik relaksasi ini. Gerakkan jari-jari kaki Anda sampai hitungan ketujuh, dan kemudian regangkan. Ulangi kegiatan ini pada bagian kelompok otot yang bekerja dari jari-jari ke leher Anda. Bisa juga dengan latihan pernapasan, atau menempatkan minyak aromaterapi di kamar untuk efek relaksasi yang membuat tidur lebih mudah terlelap. Lavender diketahui sebagai minyak esensial yang dapat menenangkan dan membuat Anda cepat tertidur.

3. Rendahkan Suhu Kamar
Orang lebih mudah tertidur dan dapat tidur dengan baik dalam ruangan yang suhunya cukup dingin. Segera atur AC Anda dalam suhu yang lebih rendah atau nyalakan kipas angin. Jika tidak terbiasa dengan AC atau kipas angin, cobalah memakai piyama yang terbuat dari katun. Di siang hari, bukalah jendela kamar agar udara luar bisa masuk dan memberi rasa sejuk di malam harinya

4. Santaikan Pikiran
Saat berada di atas tempat tidur, bukan waktu yang tepat untuk merenungkan peristiwa yang terjadi seharian ini. Lebih baik Anda menulis dalam buku harian tentang hal-hal besar yang telah terjadi hari ini setidaknya dua jam sebelum tidur, jadi pikiran Anda tidak akan pusing. Tepat sebelum tidur, cobalah untuk membayangkan ketenangan, misalnya duduk di tepi pantai atau berdiri di atas gunung. Seiring berjalannya waktu, jika rutinitas baru ini dilakukan secara rutin akan membantu otak Anda lebih tenang dan santai.

Advertisements