Layanan pelanggan yang baik adalah nyawa dari bisnis apapun. Anda dapat menawarkan promosi dan membawa banyak pelanggan baru yang Anda inginkan, atau bahkan Anda bisa mendapatkan beberapa dari para pelanggan untuk datang kembali.

Layanan pelanggan yang baik adalah semua tentang membawa pelanggan kembali, dan membuat mereka senang terhadap pelayanan Anda sehingga bias mempromosikan Anda kepada orang lain yang kemudian dapat menjadi pelanggan Anda dikemudian hari.

Jika Anda seorang salesman yang baik, Anda dapat menjual sesuatu kepada siapapun sesekali. Akan tetapi pendekatan Anda untuk layanan pelanggan yang menentukan apakah Anda akan bisa menjual apapun kepada calon pelanggan. Inti dari layanan pelanggan yang baik adalah membentuk hubungan dengan pelanggan.

Bagaimana Anda membentuk hubungan seperti itu? Ingatlah satu rahasia sebenarnya dari layanan pelanggan yang baik, “Anda akan dinilai oleh apa yang Anda lakukan, bukan apa yang Anda katakan.”

Menyediakan layanan pelanggan yang baik adalah hal yang sederhana. Jika Anda benar-benar ingin memiliki layanan pelanggan yang baik, yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa bisnis Anda secara konsisten melakukan hal-hal berikut:

1. Jawablah telepon Anda

Dapatkan call forwarding. Atau layanan penjawab. Mempekerjakan staf jika Anda perlu. Tapi pastikan bahwa seseorang mengangkat telepon ketika seseorang atau mungkin pelanggan Anda menanyakan tentang bisnis Anda.

2. Jangan membuat janji, kecuali jika Anda bisa menepatinya

Jika Anda mengatakan, “Kami akan mengantarkan pesanan Sofa Anda pada hari Rabu”, pastikan bahwa sofa pesanan pelanggan Anda bias dikirim dan diterima oleh pelanggan Anda di hari Rabu. Jika tidak, jangan katakan itu. Aturan yang sama berlaku untuk janji klien, tenggat waktu, dll .. Berpikirlah sebelum Anda memberikan janji apapun

3. Dengarkan pelanggan Anda

Biarkan pelanggan Anda berbicara dan tunjukkan kepadanya bahwa Anda mendengarkan dengan membuat tanggapan yang sesuai, seperti menyarankan bagaimana untuk memecahkan masalah.

4. Menangani keluhan

Tidak ada seorangpun yang suka mendengar keluhan. Tetapi jika Anda memberikan perhatian kepada keluah pelanggan Anda, Anda mungkin dapat untuk menyenangkan pelanggan Anda dan posisi bisnis Anda akan menuai keuntungan yang baik.

5. Bantulah

Bahkan jika tidak Ada keuntungan langsung di dalamnya.

6. Melatih staf Anda (jika Anda memilikinya) untuk selalu membantu, sopan, dan berpengetahuan

Lakukan sendiri atau menyewa seseorang untuk melatih mereka. Berbicara dengan mereka tentang layanan pelanggan yang baik dan apa yang harus atau tidak boleh dilakukan. Yang paling penting, memberikan setiap staf Anda informasi yang cukup dan kekuatan untuk membuat keputusan yang dapat menyenangkan pelanggan, sehingga ia tidak pernah katakan, “Aku tidak tahu…”

7. Ambil langkah ekstra

Misalnya, jika seseorang masuk ke toko Anda dan meminta Anda untuk membantu mereka menemukan sesuatu, jangan hanya berkata, “Ada di Lorong 3″. Membawa pelanggan ke barang yang ia cari akan lebih baik lagi. Menunggu dan melihat apakah ia memiliki pertanyaan tentang hal itu, atau kebutuhan lebih lanjut.

8. Berikan Sesuatu yang ekstra

Entah itu kupon untuk diskon, informasi tambahan tentang cara menggunakan produk, atau senyum manis yang tulus, orang akan senang mendapatkan lebih dari yang mereka pikirkan. Dan jangan berpikir bahwa sesuatu yang ekstra itu harus besar. Hal kecil, tapi begitu dihargai

Jika Anda menerapkan delapan aturan sederhana secara konsisten, bisnis Anda akan menjadi dikenal untuk layanan pelanggan yang baik. Dan bagian yang terbaik? Ironi dari layanan pelanggan yang baik adalah bahwa dari waktu ke waktu akan membawa lebih banyak pelanggan baru lebih dari promosi dan diskon yang pernah di lakukan!

Advertisements