Siapa bilang uban hanya menyerang yang sudah tua? Anak muda jaman sekarang pun juga bisa beruban. Namun sayangnya uban dapat mempengaruhi penampilan kita, terutama anak muda.

Untuk itulah, mengkonsumsi beberapa makanan ini menjadi sangat penting. Seperti yang dilansir dari Boldsky.com, berikut makanan yang dapat mencegah uban.

1. Bayam
Bayam dapat membantu memproduksi pigmen yang akan menjaga warna rambut. Untuk itu, mengkonsumsi bayam sangat penting untuk mencegah rambut beruban di masa muda.
2. Kacang panjang
Kacang-kacangan seperti kacang panjang dan kacang polong kaya akan protein. Rambut juga membutuhkan protein sehingga makanan ini dibutuhkan agar rambut tidak cepat beruban.
3. Telur
Telur mengandung vitamin B12 yang dapat menjaga warna rambut. B12 akan mencegah radikal bebas pada darah yang bisa membuat rambut jadi beruban.
4. Kerang laut
Kerang laut mengandung zinc yang akan menjadi mineral untuk menjaga kekuatan dan warna rambut. Kekurangan zinc biasanya berdampak pada tidak seimbangnya hormonal tubuh dan penuaan dini.
5. Beri
Stroberi, blackberry, ceri, dan yang termasuk keluarga beri lainnya mengancung vitamin C yang dapat melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Hal ini dapat membantu rambut mendapatkan asupan darah yang segar untuk menjaga kesehatannya.