thumbnail

– – Piala Dunia pertama di Uruguay ini dimulai sejak 13 juli hingga 30 Juli. Tuan rumah Uruguay akhirnya mencatatkan diri sebagai juara dunia pertama. Tim berjuluk La Celeste ini mengalahkan Argentina 4-2 di partai final.

Ide penyelengaraan Piala Dunia ini muncul dari Presiden FIFA saat itu, Jules Rimet. Setelah terpilih menjadi presiden pertama organisasi tersebut, Rimet mencetuskan sebuah gagasan untuk menyelenggarakan Piala Dunia. Praktisi hukum asal Prancis ini selama bertahun-tahun ngotot meyakinkan para anggotanya akan pentingnya Piala Dunia – dan akhirnya berhasil.

Awalnya ada enam negara yang mencalonkan diri menjadi tuan rumah, yakni Italia, Belanda, Hongaria, Swedia, Spanyol, dan Uruguay. Akhirnya Uruguay, satu-satunya negara daratan Amerika yang mencalonkan diri, terpilih karena kualitas kesebelasan mereka yang membanggakan saat itu. Selain itu, ada beberapa alasan yang memperkuat penunjukan tersebut, seperti tahun 1930 yang bertepatan dengan ulang tahun seabad kemerdekaan negara Latin itu.

Uruguay 1930 menjadi satu-satunya Piala Dunia yang tidak menggunakan babak kualifikasi. Semua tim yang berlaga adalah undangan. Namun, seiring terpilihnya Uruguay, semangat kehadiran negara peserta Piala Dunia agak menyurut karena jarak Uruguay dengan Eropa yang dirasakan sangat jauh. Hingga dua bulan sebelum dimulainya kejuaraan ini, tak satupun wakil Eropa yang secara resmi menyatakan akan turut serta.

Setelah Rimet turun tangan membujuk wakil-wakil Eropa, akhirnya ada empat negara bersedia hadir, yaitu Prancis, Belgia, Romania dan Yugoslavia. Itu pun setelah adanya jaminan dari pemerintah Uruguay untuk menanggung 100 persen biaya perjalanan mereka.

Ke-13 peserta dibagi ke dalam empat grup. Semua pertandingan yang dimainkan berlangsung di ibukota Uruguay, Montevideo. Karena tak ada babak kualifikasi, dua pertandingan di babak grup menjadi pertandingan pertama di Piala Dunia. Laga yang diadakan bersamaan tersebut dilangsungkan tanggal 13 Juli. Hasilnya, Prancis, mengalahkan Meksiko 4-1, sedangkan Amerika Serikat mengalahkan Belgia 3-0.

Penyerang Prancis Lucient Laurent mencatatkan diri dalam sejarah sebagai pencetak gol pertama di Piala Dunia. Sedangkan pemain AS Bert Patenaude mencetak hat-trick pertama. Empat juara grup, yaitu Argentina, Yugoslavia, Uruguay dan AS lolos ke semifinal.

Kejadian unik terjadi di semifinal. Dua pertandingan semifinal sama-sama berakhir dengan skor 6-1. Argentina mengalahkan AS, sedangkan Uruguay menyingkirkan Yugoslavia.

Di partai final kontroversi terjadi. Kedua negara saling bersikeras untuk menggunakan bola dari negara masing-masing. Akhirnya FIFA memutuskan untuk menggunakan Bola dari tim Argentina di babak pertama sedangkan Uruguay di babak kedua.

Setelah tertinggal 1-2 di babak pertama, Argentina akhirnya merebut tropi Jules Rimet setelah membalikkan keadaan menjadi 4-2.

Data dan Fakta
Tuan rumah: Uruguay
Jumlah peserta: 13
Juara: Uruguay
Jumlah pertandingan: 18
Jumlah gol: 70
Rata-rata gol: 3,89
Total penonton: 434.500
Rata-rata penonton: 24.139
Topskorer: Guillermo Stabile (ARG) 8 gol