thumbnail

– – Piala Dunia 1982 yang merupakan Piala Dunia ke-12, berlangsung di Spanyol. Italia menjadi juara dunia ketiga kalinya setelah mengalahkan Jerman Barat 3-1 di final.

Negeri Matador menyelenggarakan Piala Dunia kali ini di 15 stadion yang tersebar di ranah Spanyol. Total 52 pertandingan yang dimainkan menghasilkan 146 gol sepanjang kejuaraan.

Format turnamen kali ini berbeda dengan 1978. Untuk pertama kalinya 24 tim mengikuti putaran final. Dua tim terbaik dari enam grup masuk ke babak kedua di mana yang lolos masuk lagi dalam empat grup yang terdiri dari tiga negara. Juara tiap grup langsung maju ke semifinal. Pengembangan jumlah tim yang dilakukan FIFA dilakukan untuk memberikan kesempatan pada negara lain kesempatan berpartisipasi seperti yang didapat Aljazair, Kamerun, dan Kuwait.

Predikat tim debutan disandang Aljazair, Kamerun, Honduras, Kuwait, dan Selandia Baru. Kamerun bahkan berhasil menahan imbang tim kuat Polandia dan Argentina walaupun mereka tidak berhasil lolos dari babak penyisihan grup.

Brasil datang sebagai tim favorit juara. Sepakbola menyerang yang diperagakan Zico, Socrates, Falcao, Eder membuat mereka disebut-sebut akan mengulangi prestasi tahun 1970. Namun tusukan tim kuning-biru ini tidak mempan saat bertemu tim catenaccio Italia. Tim Samba takluk atas Gli Azzurri 3-2 di ronde kedua.

Partai semifinal mempertemukan Italia lawan Polandia dan Jerman lawan Prancis. Grzegorz Lato dkk bertekuk lutut di tangan Italia lewat dwigol Paolo Rossi. Sedangkan Jerman harus memainkan babak adu penalti sebelum melangkahi tim “Ayam Jantan”.

Di partai puncak Jerman yang bermain ekstra di partai sebelumnya tak bisa menghadang laju Italia. Gol Rossi, Marco Tardelli, dan Alessandro Altobelli hanya bisa dijawab oleh satu gol Paul Breitner tujuh menit sebelum usai di final yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu.

Kiper Italia Dino Zoff mengukir namanya sebagai pemain tertua yang memenangi Piala Dunia. Sedangkan penyerangnya Rossi menjadi pemain tertajam dengan torehan enam gol. Ia juga menjadi pemain terbaik sepanjang turnamen.

Tuan rumah: Spanyol
Jumlah peserta: 24
Juara: Italia
Jumlah pertandingan: 52
Jumlah gol: 146
Rata-rata gol: 2,81
Total penonton: 1.856.277
Rata-rata penonton: 35.698
Topskorer: Paolo Rossi (ITA) 6 gol