thumbnail

– – Piala Dunia 2002 dilangsungkan di Korea Selatan dan Jepang dari tanggal 31 Mei sampai 30 Juni 2002. Turnamen ini berhasil dimenangi Brasil setelah mengalahkan Jerman 2-0 di final.

Korea dan Jepang ditunjuk FIFA sebagai penyelenggara pada bulan Mei 1996 di Zurich, Swiss. Boleh dibilang ajang akbar kali ini merupakan yang “serba pertama”. Ini adalah pertama kalinya dua negara ditunjuk untuk menyelenggarakan Piala Dunia dan otomatis tiga negara langsung lolos ke putaran final yaitu Korea, Jepang, dan juara bertahan Brasil. Pagelaran ini juga merupakan Piala Dunia pertama di luar benua Amerika dan Eropa.

Format turnamen tidak berubah dari empat tahun sebelumnya dengan menyertakan 32 negara peserta. Yang baru tentu adalah hadirnya tim debutan. Negara yang mengawali penampilannya kali ini adalah China, Ekuador, Senegal, dan Slovenia.

Kejutan yang selalu mewarnai tiap Piala Dunia tentu saja terhidang disini. Tim kuat dunia seperti Prancis, Portugal, dan Argentina tersingkir di babak awal. Nasib Prancis boleh dibilang paling tragis di antara yang lain.

Datang sebagai juara bertahan, Tim Ayam Jantan berhasil mengulangi catatan buruk Argentina di Piala Dunia 1990, kalah di partai pembuka. Lagi-lagi tim debutan dari Afrika yang melakukannya, Senegal. Ulah El Hadji-Diouf dkk benar-benar tamparan keras bagi sang juara bertahan. Les Bleus pun harus mengakhiri Piala Dunia kali ini di posisi juru kunci Grup A di bawah Denmark, Senegal, dan Uruguay.

Juara dunia tiga kali Italia tunduk di tangan Korea 2-1 di pertandingan yang cukup menegangkan di babak perdelapan final. Tim “Negeri Ginseng” unggul lewat gol emas Ahn Jung Hwan yang saat itu bermain di klub Italia, Perugia. Kemenangan ini mengantar tuan rumah melaju ke perempat final.

Jerman yang menjadi finalis mencatat skor mencengangkan setelah menang 8 gol tanpa balas atas Arab Saudi di penyisihan grup. Hakan Sukur mewarnai kejuaraan kali ini lewat gol tercepat sepanjang sejarah Piala Dunia saat timnya Turki mengalahkan Korea di perebutan tempat ketiga. Sukur mencetak gol hanya 11 detik setelah peluit awal berbunyi. Anak asuh Senol Gunes ini akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor akhir 3-2.

Bintang Brasil Ronaldo yang baru sembuh dari cedera panjang mencuri perhatian di Piala Dunia kali ini. Ia menjadi pencetak gol terbanyak dan menjadi penentu kemenangan Brasil di final. Delapan gol yang ia cetak menjadi penyegar Piala Dunia karena sejak tahun 1978 para topskor hanya mencetak enam gol.

Kiper Jerman Oliver Khan merengkuh dua gelar sekaligus yaitu pemain terbaik dan kiper terbaik. Sayangnya ia hanya membawa “Tim Panzer” untuk kali keempat menjadi finalis setelah 1966, 1982, dan 1986.

Tuan rumah: Korea-Jepang
Jumlah peserta: 32
Juara: Brasil
Jumlah pertandingan: 64
Jumlah gol: 161
Rata-rata gol: 2,52
Total penonton: 2.705.134
Rata-rata penonton: 42.268
Topskorer: Ronaldo (BRA) 8 gol
Pemain terbaik: Oliver Kahn (GER)

Advertisements