Stadion ini didesain oleh arsitek terkemuka di bidang olahraga, Christoper Lee, dengan menghabiskan anggaran sekitar 180 sampai 450 juta dolar AS.

Arena das Dunas adalah stadion serbaguna yang sedang dalam tahap pembangunan di kota Natal, di negara bagian Brazsl, Rio Grande do Norte. Stadion ini terletak di distrik Lagoa Nova, antara BR-101 dan Avenida de Morais Prudente.

Nama Das Dunas diambil dari bukit pasir yang merupakan salah satu wisata alam yang paling mengesankan di wilayah Natal. Desain struktur stadion yang bergelombang, dirancang agar menyerupai bukit Das Dunas. Dengan bentuk bagian luar dinding putih yang melengkung, desain ini dibuat untuk mengadopsi kebutuhan sirkulasi vertikal akibat panasnya udara.

Stadion yang memiliki luas 22.000 meter persegi ini menggunakan pondasi kokoh yang terbuat dari beton sebagai penunjang struktur bangunan. Dengan material yang digunakan, stadion itu akan tampak gagah dan juga mampu menampung beban dari puluhan ribu penonton.

Estadio Das Dunas sebelumnya adalah Stadion Machadao dan pusat olahraga Machadinho yang sudah dibongkar sejak tahun 2011. Kapasitas stadion ini bertambah dari sebelumnya 32.000 penonton, menjadi 42.000.

Arena das Dunas juga semakin terlihat modern dengan hadirnya pusat perbelanjaan, gedung-gedung komersial, hotel bertaraf internasional, dan danau buatan di sekitar stadion. Stadion ini juga diproyeksikan untuk kegiatan pameran dan juga konser musik selain untuk menyelenggarakan pertandingan sepakbola.

Natal merupakan ibukota sekaligus kota terbesar di Rio Grande de Norte, negara bagian timur laut Brasil. Tercatat hingga 2009, Natal memiliki populasi sekitar 950.820 penduduk. Natal tersohor dengan sebutan Cidade do Sol atau Sun City, berkat iklim tropis sepanjang tahun, dengan rata-rata suhu 28 derajat celcius.

Cuaca cerah sepanjang tahun mampu menyedot banyak wisatawan internasional. Selain itu Natal juga menyajikan wisata alam seperti pantai Ponta Negra, Pipa, Genipabu, Air Kristal Maracajau dan Pohon Mete terbesar di dunia. Bangunan bersejarah Porte dos Reis Magos, Teater Alberto Maranhao, dan Jembatan Newton Navarro.

Kota ini juga memiliki taman kota terbesar kedua di Brasil, dihuni oleh lebih dari 50 spesies hewan dan 1.300 jenis tanaman. Taman kota yang dibangun sejak 1977 ini, dikunjungi sekitar 9.000 pengunjung setiap bulannya.

Tiga klub yang berada di negara bagian Rio Grande do Norte berasal dari Natal, yaitu Alecrim, America, dan ABC. America. Ketiga tim tersebut bergantian menjuarai Campeonato Potiguar atau Divisi I kompetisi Rio Grande do Norte.

Advertisements