Arena Pernambuco berada di kota Recife, persisnya di kawasan Sao Lourenco da Mata, 19 km dari Bandara Guararapes International, diresmikan pada tahun 2013 dan dibangun guna menyambut dua event akbar di Brasil, yakni Piala Konfederasi 2013 dan Piala Dunia 2014.

Stadion berkapasitas 44.248 penonton ini memiliki berbagai fasilitas untuk memanjakan para pengunjungnya seperti restoran dan pusat perbelanjaan.

Proyek pembangunan stadion ini ditentang banyak kalangan di dalam negeri karena dianggap sebagai bentuk kapitalisme yang menjadi ironis buat penduduk recife, yang umumnya berada dibawah garis kemiskinan. Namun, pihak pemerintah berdalih, keberadaan stadion ini bisa membawa manfaat bagi masyarakatnya. Misalnya, pembangkit listrik tenaga surya di stadion bisa menerangi sampai 6.000 rumah warga apabila tidak sedang digunakan.

Stadion ini akan menggelar laga antara Pantai Gading-Jepang (14/6), Italia-Kosta Rika (20/6), Kroasia-Meksiko (23/6), dan Amerika Serikat-Jerman (26/6), serta satu laga babak 16 besar.

Kota Recife, yang merupakan kota metropolitan terbesar kelima di negara ini, pernah menghajat Piala Dunia kala Brasil menyelenggarakannya di tahun 1950.  Salah satu pertandingan yang digelar kala itu adalah ketika Chile mengandaskan Amerika Serikat dengan skor yang cukup telak 5-2. Pertandingan itu dihelat di Stadion Ilha do Retiro.

Advertisements