thumbnail

– – Piala Dunia 1994 berlangsung di negara yang boleh dibilang bukan negara sepakbola, Amerika Serikat (AS). Brasil menjadi jawara setelah menundukkan Italia lewat adu penalti dengan skor 3-2, setelah bermain tanpa gol di waktu normal dan tambahan.

Keputusan FIFA pada tahun 1988 dengan menunjuk AS sebagai tuan rumah mengejutkan banyak pihak karena sepakbola bukan olahraga populer di kalangan masyarakat AS, kecuali yang merupakan imigran dari Amerika Latin. Walaupun demikian ajang kali ini sukses menarik penonton.

Total penonton langsung yang menyaksikan piala dunia ini terhitung 3,6 juta pasang mata. Walaupun mulai tahun 1998 jumlah tim peserta berkembang menjadi 32, rekor penonton ini setidaknya akan bertahan sampai tahun 2010 karena tahun 2006 ini diperkirakan hanya akan dipenuhi 3,5 juta orang.

Format kejuaraan tetap sama seperti di Italia empat tahun sebelumnya. Total 24 kesebelasan yang berlaga berakhir pada even kali ini karena di tahun 1998 peserta piala dunia akan menjadi 32 tim. Di turnamen kali ini untuk pertama kalinya peraturan baru FIFA yaitu setiap kemenangan dihargai dengan poin tiga digunakan.

Cukup banyak pemain yang bersinar kali ini. Georghe Hagi dan Hristo Stoitchkov adalah di antaranya. Keduanya ini membawa negara mereka, Rumania dan Bulgaria, ke tempat tertinggi sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia. Rumania melaju ke perempat final setelah menundukkan Argentina 3-2, dan Bulgaria mengalahkan juara bertahan Jerman untuk maju ke semifinal.

Brasil dan Italia kembali bertemu di final sejak 1970. Berbeda dengan saat itu di mana partai puncak berlangsung seru dan menghasilkan lima gol, laga akhir kali ini juga menghasilkan lima gol tetapi semuanya dari titik penalti. Permainan yang diharapkan seru dengan tidak terjadi. Bahkan kedua negara cenderung bertahan untuk memaksakan adu penalti.

Nigeria, Yunani, dan Arab Saudi mencatat namanya dalam sejarah Piala Dunia. Ketiganya menjadi negara yang memulai debut di ajang sepakbola paling bergengsi ini.

Oleg Salenko dari Rusia bersama Stoitchkov meraih Sepatu Emas setelah mencetak enam gol. Sedangkan pemain terbaik yang mendapatkan Bola Emas adalah Romario dari Brasil. Penghargaan Lev Yashin untuk kiper terbaik untuk kali pertama diberikan kepada kiper Belgia Michel Preud’homme.

Kabar baik dan kabar buruk mewarnai kejuaraan ini. Salenko mencatatkan namanya dalam sejarah setelah mencetak lima gol dalam satu partai piala dunia saat Rusia mengalahkan Kamerun 6-1. Sedangkan pemain Kolombia Andres Escobar menemui ajal karena dibunuh beberapa hari setelah ia mencetak gol bunuh diri saat timnya menghadapi tuan rumah AS.

Tuan rumah: Amerika Serikat
Jumlah peserta: 14
Juara: Brasil
Jumlah pertandingan: 52
Jumlah gol: 141
Rata-rata gol: 2,71
Total penonton: 3.587.538
Rata-rata penonton : 68.991
Topskorer: Igor Salenko (RUS), Hristo Stoichkov (BUL) 6 gol
Pemain terbaik: Romario (BRA)

Advertisements