thumbnail

– – Sepakbola dunia mencatatkan sejarahnya yang baru. Benua Afrika terpilih menjadi negara penyelenggara Piala Dunia untuk pertama kalinya. Afrika Selatan menghelar turnamen terbesar sejagat raya itu dari 11 Juni hingga 11 Juli 2010.

Khusus kali itu FIFA memang hanya mengijzinkan negara-negara Afrika untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah. Afsel menjadi pemenangnya setelah mengalahkan pesaing terberatnya, Mesir dan Maroko.

Di Piala Dunia kali ini juga lahir juara baru. Spanyol tampil sebagai kampiun, persis dua tahun setelah menjuarai Piala Eropa yang diadakan di Polandia & Ukraina.

Tim Matador berhasil membuktikan keberhasilannya dalam pengembangan sepakbolanya dengan mengalahkan Belanda di partai final. La Furia Roja menang dengan skor tipis 1-0, lewat gol Andres Iniesta di menit 116!

Gelaran Piala Dunia kali ini dinobatkan sebagai turnamen dengan tingkat kompetisif yang sangat tinggi, karena sejak babak kualifikasi diikuti oleh 204 dari 208 negara anggota FIFA.

Afrika Selatan tak main-main pada Piala Dunia pertamanya. Mereka membangun 5 stadion bertaraf internasional baru. Pihak pemerintah sampai menggelontorkan 1 miliar dolar untuk membangun stadion baru, memperbaiki stadion lama dan juga memperbaiki infrastruktur penunjang lainnya.

Hanya saja, perjalanan timnas tuan rumah tidak mulus. Mereka harus terhenti di fase grup, setelah hanya mampu mengoleksi 4 poin dari satu kemenangan, satu kekalahan dan sekali seri. Bersama Prancis, Meksiko dan Uruguay di Grup A, mereka menempati posisi ketiga.

Uruguay tampil impresif di turnamen kali ini. Gemilangnya permainan Diego Forlan, membuat mereka mampu melaju hingga babak semifinal, sebelum dihentikan Belanda dengan skor 2-3. Forlan terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Penyerang Jerman Thomas Mueller terpilih sebagai pemain muda terbaik dan juga memperoleh trofi Sepatu Emas. Walaupun koleksi golnya sama seperti Forlan, Wesley Sneijder dan David Villa –sebanyak 5 gol– tapi ia mendapat nilai plus dari jumlah assist-nya. Iker Casillas melengkapi gelar juara Spanyol dengan menjadi kiper terbaik.

Tuan rumah: Afrika Selatan
Jumlah peserta: 32
Juara: Spanyol
Jumlah pertandingan: 64
Jumlah gol: 145
Rata-rata gol: 2,27
Total penonton: 3.178.856
Rata-rata penonton: 49,670
Topskorer: Diego Forlan, Wesley Sneijder, David Villa 5 gol
Pemain terbaik: Diego Forlan
Pemain muda terbaik: Thomas Mueller
Kiper terbaik: Iker Casillas