Sariayu Martha Tilaar adalah brand produk kosmetik ternama asal Indonesia. Namanya kian berkibar sebagai market leader kosmetik di tanah air. Jaminan kualitas tinggi dan inovasi berkelanjutan membuat produk kecantikan ini tidak hanya diminati wanita di Indonesia, tapi meluas hingga mancanegara. Kesuksesan ini tidak lepas dari kegigihan Martha Tilaar dalam menciptakan dan mengembangkan Sariayu Martha Tilaar. Kisahnya dalam membangun bisnis sangat inspiratif dan menjadi kisah orang sukses yang bisa anda teladani. Dengan demikian wanita Indonesia bisa mencontoh semangatnya dalam mencapai keberhasilan bisnis.

Menyukai dunia kecantikan sejak kecil

Martha TilaarMartha Tilaar dilahirkan di kota kecil bernama Kebumen, Jawa Tengah pada 4 September 1937. Pelopor dunia kosmetik modern ini berasal dari keluarga yang sederhana. Sejak usia dini, dia telah terbiasa hidup dalam kemandirian dan suka bergelut dengan dunia kecantikan. Ketika masih menempuh ilmu di bangku sekolah, dia pernah berjualan hiasan hasil kreasinya sendiri. Hiasan tersebut dibuat dari berbagai tumbuhan alami, yaitu Jali-jali Putih dan Sogok Telik. Hiasan cantik ini dijual pada teman sekolahnya. Uang hasil penjualan itu dijadikannya untuk tambahan uang saku sekolah.

Waktu berlalu Martha berubah menjadi wanita rupawan. Dalam usia muda, dia menerima lamaran H.A.R Tilaar yang merupakan putra dari golongan ningrat. Demi melanjutkan studi sang suami, Martha harus tinggal di Amerika Serikat. Dunia kecantikan yang digemarinya tak lantar ditinggalkan begitu saja. Martha kemudian menimba ilmu di sebuah universitas ternama, yaitu Academy of Beauty Culture yang berlokasi di kawasan Bloomington, Indiana. Dunia kecantikan dan kosmetik bisa dia perdalam di kampus tersebut. Setelah merampungkan studinya, dia langsung menerapkan segala ilmu yang didapatkan di bangku kuliah. Martha mendirikan salon kecil di Amerika Serikat.

Perjalanan mengelola bisnis salon ini tidak langsung berjalan mulus. Martha mencari pelanggan sendiri dengan menerapkan promosi door to door. Dia menawarkan jasa salonnya ke beberapa wanita Indonesia, istri pejabat yang tinggal di Amerika, istri mantan dosen dan lain sebagainya. Pelan tapi pasti, usaha yang dirintisnya mulai berkembang dan populer di kalangan para ibu pejabat yang bermukim di negeri Paman Sam ini. Kerja kerasnya selama itu ternyata berbuah manis. Target konsumen salon kecantikannya berhasil digaetnya menjadi pelanggan setia.

Dikaruniahi anak setelah 11 tahun menikah

Perjalanan bisnis salon mulai berkembang, sayangnya kehidupan rumah tangganya tidak diramaikan dengan kehadiran buah hati. Sekitar 11 tahun lebih, pernikahannya dengan H.A.R Tilaar tak membuahkan keturunan. Kondisi diperparah ketika siklus menstruasi Martha terhenti. Saat itu, dia baru berusia 41 tahun. Berhentinya siklus menstruasi ini menimbulkan anggapan, kalau Martha telah memasuki masa menopause. Kondisi ini membuatnya terpukul, karena harapan mempunyai anak biologis telah sirna.

Tapi Martha bukanlah wanita yang mudah putus asa dan menyerah. Dia sangat percaya kalau masih ada keajaiban yang bisa membuatnya hamil. Ternyata keajaiban yang ditunggunya hadir, karena terhentinya siklus menstruasi itu bukan tanda dirinya telah mencapai menopause. Tapi sebuah pertanda kalau dirinya sedang mengandung buah hati yang telah lama dinantinya. Memasuki usia ke 42 tahun akhirnya merasakan kebahagiaan menjadi seorang ibu. Kehamilan pertama ini disambut dengan bahagia bersama suami tercinta. Beberapa tahun selanjutnya, Martha kembali dikaruniahi buah hati. Saat ini pernikahannya dikaruniahi empat orang anak dengan tiga orang putri dan satu orang putra.

Merintis salon kecantikan di Kebumen

Pengalaman membuka salon kecantikan di Amerika Serikat menjadi modal bisnis berharga di Indonesia. Ingin mengulangi keberhasilannya saat di negeri Paman Sam, Martha mendirikan salon di garasi rumah ayahnya. Bisnis pertamanya di Indonesia ini dilakukan pada tahun 1970. Karena telah membangun nama saat di Amerika, dia tidak mengalami kesulitan berarti dalam mendapatkan pelanggan. Para pelanggan setianya saat di Amerika dihubunginya kembali. Supaya mereka mengetahui keberadaan salon barunya di daerah Kebumen.

Perkembangan bisnis salon kecantikannya berkembang sangat pesat. Guna melayani pelanggan lebih banyak, dia mendirikan cabang di kawasan Jalan Anggur No. 3 Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pendirian cabang di Jakarta ini dilakukan pada tahun 1972. Dari salon terbarunya ini, dia mulai mengembangkan Sariayu Martha Tilaar sebagai produk kecantikan hasil kreasi Martha Tilaar. Produk Sariayu Martha Tilaar yang sangat berkualitas menarik perhatian PT Kalbe Farma. Melalui Theresia Harsini Setiady yang merupakan salah satu pemimpin di perusahaan farmasi tersebut menawari kerja sama bisnis.

Sariayu Martha Tilaar berkembang pesat

PT Martina Berto adalah perusahaan yang mewadahi kerjasama Martha Tilaar dengan PT Kalbe Farma. Dalam beberapa tahun pengembangan, Sariayu Martha Tilaar ternyata mampu menarik pengguna kosmetik lokal. Produk kecantikan ini semakin berkembang berkat sentuhan kreativitas Martha Tilaar. Dia menerapkan tema kecantikan alami yang terinspirasi dari kekayaan setiap kawasan di Indonesia. Sariayu Martha Tilaar semakin menjadi produk kecantikan yang unik dan digemari wanita Indonesia, bahkan wanita di berbagai negara sangat menyukai produk kecantikan ini.

Keberhasilannya ini mendorong pertumbuhan bisnis kosmetik Martha Tilaar. PT Martina Berto yang dimiliki bersama PT Kalbe Farma, kini telah berhasil dimilikinya secara penuh di bawah pengelolaan Martha Tilaar Group. Saat ini tidak hanya PT Martina Berto saja yang berhasil diakuisisinya, berbagai perusahaan lain turut dikelolanya, seperti Jamu Garden Martha Tilaar, Berto Martha Tilaar, Belia Martha Tilaar, Biokos Martha Tilaar, Dewi Sri Spa Martha Tilaar, Aromatic Oil Of Java Martha Tilaar dan PT Tiara Permata. Semua perusahaan tersebut masih berkecimpung di bidang kecantikan.

Kunci sukses Martha Tilaar

Martha Tilaar pun didaulat sebagai pengusaha wanita sukses di Indonesia. Keberhasilan ini tidak membuatnya lupa dengan masyarakat di sekitarnya. Dia sangat peduli dengan wanita Indonesia dengan melakukan pemberdayaan, supaya mereka lebih mandiri dan kreatif. Kepedulian terhadap wanita ditunjukan dalam tenaga kerja di perusahaannya yang mencapai 70 persen adalah wanita. Martha Tilaar selalu memacu semangat para wanita, jika ingin sukses mereka harus fokus pada salah satu bidang yang digemari. Jalani semua prosesnya dan tidak mudah menyerah dalam menggapai impian. Yakin dan berusaha keras akan membuahkan hasil yang memuaskan. Karena kesuksesan bisnisnya telah melampaui berbagai kendala dan untungnya Martha Tilaar selalu siap dan pantang menyerah mengatasinya.

Pantang menyerah, sabar dan bersyukur adalah kunci sukses Martha Tilaar. Selama 43 tahun dia sangat ulet menjalani bisnisnya. Ternyata kerja kerasnya membuahkan hasil hingga dia merasakan kesuksesan yang luar biasa. Produk kecantikan Sariayu Martha Tilaar kini tidak hanya populer di kalangan wanita Indonesia, tapi telah menjadi kosmetik kebanggaan wanita di mancanegara. Kemandirian yang ditanamkan oleh orang tua Martha melahirkan hasil yang positif. Keberhasilannya mengembangkan bisnis kecantikan bisa menjadi inspirasi setiap wanita dalam bidang apapun. Setiap wanita Indonesia berhak meraih kesuksesan. Tapi keberhasilan tidak bisa didapat secara instan.