TRW minggu lalu mengumumkan telah berhasil menciptakan dan segera memproduksi teknologi terbaru yang disebut “Lane Keeping Assist” (LKA), sistem yang dapat membantu pengemudi mobil tetap di lajurnya (tidak merangsek ke lajur tettangga). Dijelaskan pula, teknologi sedangkan dites pada dua merek mobil yang akan dipasarkan di Eropa.

Perbedaan teknologi baru ini dari yang lama adalah sistem “closed –loop control” (kontrol simpul tertutup) yang menyatukan data dari sensor kamera video (sebagai mata melihat garis di depan mobil) denganpower steering yang digerakkan oleh motor listrik atau electrically power steering (EPS). 

Untuk ini digunakan sistem koreksi (counter) torsi setir yang membantu pengemudi mencegah mobilnya berpindah lajur secara tiba-tiba.  

 

Saat ini yang sudah banyak digunakan, bantuan berupa peringatkan kepada pengemudi jangan pindah lajur karena di belakang ada mobil lain yang menyusul dengan cepat atau disebut Lane Departure Warning (LDA).

 

Menurut TRW, pada sistem konvensional LKA, sistem hanya aktif saat mobil mendekati batas jalur. Saat itulah digunakan torsi untuk mengontrol setir, membantu pengemudi menggoreksi posisi setir.

Pada versi terbaru, closed loop, setir dikontrol lebih cepat ketika pengemudi “mengarahkan” setir, mengendalikan mobil kembali ke tengah lajur (menjauhi batas garis lajur). Pada LKA terbaru, tenaga untuk mengoreksi arah mobil dihasilkan EPS dan bisa langsung “override” atau dikendalikan antara sistem dengan pengemudi setiap saat.   

 

“Teknologi ini pertama disatukan dengan EPS untuk menjaga mobil berada di tengah-tengah lajurnya setiap saat. Teknologi ini bekerja  semi-otomatik,” jelas Andy Whydell, Produck Planning, TRW Electronics.

TRW mengembangkan teknologi karena berdasarkan laporan dari National Highway Traffic Safety Administration, pada 2011, sekitar 50 persen kecelakaan fatal di jalan raya terjadi akibat mobil keluar dari lajurnya. Sementara itu, Insusrance Institute for Highway Safety (IHS) menambahkan, dengan menggunakan LKA bisa menyelamatkan 7.500 nyawa di Amerika Serikat setiap tahun.

Advertisements