Si kecil yang biasanya bergerak lincah, riang gembira, dan  tidak mau diam, tiba-tiba saja menolak dan mogok untuk berjalan. Lebih parah lagi, keesokan harinya mulai muncul demam dan kemerahan pada sekitar salah satu sendi di ekstremitas bawah, seperti pada panggul, lutut atau pergelangan kaki. Segeralah ke dokter, karena jika tidak cepat ditangani maka akan muncul bengkak di sekitar sendi tersebut dan demam makin tinggi.

Menurut Dr. Aryadi Kurniawan, pakar orthopedi anak di Jakarta, tanda-tanda tersebut harus diwaspadai. “Gejala tersebut menunjukkan kemungkinan adanya osteomyelitis akut yaitu infeksi peradangan tulang dan sumsum tulang,” katanya. Perhatikan juga, biasanya satu atau dua minggu sebelumnya, si kecil mengalami infeksi saluran nafas atas atau radangan tenggorokan.

Hanya saja setelah berobat ke dokter, radang tenggorokannya hilang tetapi kemudian muncul peradangan di ekstremitas bawah. “Hal ini terjadi karena pada saat terjadinya radang tenggorokan sebenarnya bakteri penyebabnya sudah sempat jalan-jalan ke salah satu sendi dan bersembunyi di sana,” ujar Aryadi.

Disebutkan juga bahwa pengobatan yang didapat hanya cukup mengatasi peradangan di tenggorokan tetapi tidak cukup untuk memberantas kuman yang bersembunyi di dalam tulang.

Advertisements