Ginjal terdapat sepasang di setiap orang normal yang terletak di belakang pinggang di antara tulang iga dada Torakal 12 sampai Lumbal 3. Ginjal berbentuk seperti kacang merah dengan posisi ginjal kiri terletak lebih tinggi dari ginjal kanan, karena di sebelah kanan ada organ hati yang paling besar di dalam rongga perut.

Ginjal termasuk organ penting yang berfungsi untuk Filtrasi (menyaring cairan yang tidak dibutuhkan tubuh ), Ekskresi (membuang sisa metabolisme tubuh ), mengatur keseimbangan cairan tubuh, elektrolit dan mengatur asam basa tubuh dalam keseimbangan yang utuh. Pun mengatur produksi sel-sel darah merah, dan banyak lagi yang berkaitan keseimbangan elektrolit lain dan berkaitan dengan pengaturan tekanan darah.

Penyebab penyakit ginjal di Indonesia sampai saat ini belum ada data. Namun data penyebab gagal ginjal di RSCM sampai tahun 2013 adalah penyakit ginjal berupa glomerulonephritis dan penyakit infeksi ginjal dan batu yang diikuti oleh penyakit diabetes tipe 2. Siapa yang rentan terhadap penyakit ginjal kronik sampai saat ini pun belum diketahui pasti. Tapi ada beberapa hal diduga berkaitan dengan penyebab Gagal Ginjal tahap akhir. Yaitu usia, gender, ras penduduk tertentu dan pola hidup penduduk urban yang berkaitan dengan makanan serba cepat saji dan sebagainya.

Pencegahan penyakit ginjal kronik tergantung dari penyakit penyerta dan secara umum sama dengan pencegahan penyakit kronik lainnya. Dengan kata lain, selalu berkaitan bidang lain diluar penyakit ginjal. Contohnya diabetes dengan gangguan ginjal sebaiknya dikelola bersama bidang endokrin dari spesialis penyakit dalam sehingga mendapatkan manfaat terhadap pasien secara maksimal.