Orang yang menderita psoriasis sedang hingga berat memiliki risiko yang meningkat untuk terkena penyakit ginjal kronik. Karena itu, kondisi ginjalnya harus terus dimonitor. Demikian kesimpulan sebuah studi yang dilakukan di Philadelphia. Studi menganalisa data 144.000 orang dengan psoriasis berusia 19-90 tahun, dengan kelompok kontrol tanpa psoriasis sebanyak 690.000 orang.

Dalam penelitian lanjutan selama 7 tahun, ternyata mereka yang memiliki psoriasis cenderung berisiko terkena penyakit ginjal kronik dibandingkan mereka di grup kontrol. Mereka dengan psoriasis sedang memiliki peningkatan risiko sebanyak dua kali lipat, dan lebih dari empat kali lipat pada mereka dengan psoriasis berat untuk terkena gagal ginjal yang akan membutuhkan dialisis.

Investigasi lebih lanjut yang berfokus pada luasnya area kulit yang terkena psoriasis menunjukkan bahwa orang dengan psoriasis sedang hingga berat memiliki risiko yang lebih tinggi untuk penyakit ginjal kronik. Mereka dengan psoriasis sedang akan terkena pada 3 – 10 persen bagian kulit, sedangkan psoriasis berat berdampak pada lebih dari 10 persen area kulit. Demikian menurut studi yang dipublikasikan di British Medical Journal.

Psoriasis adalah kondisi kulit kronik yang dapat menyebabkan gatal-gatal, kerak, bahkan berdarah. Ini merupakan penyakit autoimun yang diderita oleh 7,5 juta orang Amerika. Psoriasis sedang hingga berat  berdampak pada 20 persen di seluruh dunia.

Meski studi menemukan hubungan antara psoriasis dan risiko yang meningkat terkait ginjal, namun belum menjelaskan hubungan sebab-akibat. Peneliti juga menemukan bahwa risiko penyakit ginjal kronik yang terkait psoriasis meningkat seiring bertambahnya umur. Pada pasien berumur 40-50 tahun dengan psoriasis berat, terdapat satu kasus tambahan penyakit ginjal kronik untuk setiap 134 pasien per tahun. Sedangkan pada pasien berumur 50-60 tahun, terdapat satu kasus tambahan untuk setiap 62 pasien per tahun.

Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengonfirmasi penemuan ini. Pun untuk menemukan bagaimana psoriasis dapat menyebabkan penyakit ginjal dan menguji sejauh mana terapi psoriasis berdampak pada risiko penyakit ginjal.