Ada beberapa penyebab umum dari bau mulut. Beberapa mungkin sudah Anda ketahui, mulai makanan yang mengandung aroma tajam, seperti bawang putih, atau bau mulut ketika baru saja bangun tidur di pagi hari.

Bau mulut atau halitosis ternyata memiliki penyebab mengejutkan karena ada produk yaitu produk yang menyebabkan penumpukan bakteri di mulut dan gigi Anda.

Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Obat

Ini bukan berarti bahwa Rx Anda menyebabkan bau mulut, tapi obat-obatan memiliki efek samping membuat mulut kering. Sementara air liur sangat penting untuk mencuci partikel penyebab bau mulut, jadi saat mulut kekurangan produksi air liur, bau mulut akan meningkat. Ini juga merupakan alasan yang sama yang terjadi di pagi hari, menurut Mayo Clinic.

2. Infeksi saluran pernapasan

Bronchitis dan flu mungkin adalah penyebab bau mulut. Menurut sebuah laporan pada  tahun 2006, infeksi saluran pernapasan menyebabkan bau mulut karena “hidung atau sinus sekresi” melewati tenggorokan dan mulut. Bronchitis, pneumonia, infeksi sinus,  postnasal drip dapat menyebabkan bau mulut. WebMD melaporkan.

3. Pernapasan mulut

Bernapas melalui mulut juga menyebabkan mulut kering sama halnya seperti obat-
obatan. Dan hal itu membuat produksi air liur berkurang.

4. Obesitas

Sebuah studi pada tahun 2007 menemukan bahwa orang obesitas lebih cenderung  memiliki bau mulut, tetapi studi di tahun 2013 menemukan hubungan yang lebih jelas  antara obesitas dan bau mulut. Ternyata organism yang hidup dalam usus penderita  obesitas dapat menciptakan gas tertentu yang dapat menyebabkan bau mulut. Mikroba  yang dimaksud berjumulah lebih tinggi sekitar 30% pada orang-orang dengan obesitas, Time.com melaporkan.

5. Mengurangi asupan karbohidrat

Penggemar Atkins Diet pasti mengenal istilah “ketosis”. Proses pembakaran lemak  ini terjadi saat tubuh mengubah lemak dan protein nmenjadi energi, karena tidak ada  karbohidrat dalam tubuh, Kenneth Burrell, DDS mengatakan pada WebMD. Dalam  keadaan ini, tubuh melepaskan zat kimia tertentu ke dalam napas yang menyebabkan  bau, dan ini buakan bau yang dapat dihilangkan dengan menyikat gigi. “Menyikat gigi,  membersihkan gigi dengan benag, dan menggosok lidah tidak cukup untuk mengatasi hal ini,” katanya.

6. Kondisi medis dasar

Ini mungkin bukan bau mulut yang biasa Anda alami, melainkan seperti sebuah bau amis  yang “kuat” dan kemungkinan adanya masalah ginjal  bisa menjadi tanda  diabetes yang tidak terkontrol, US News melaporkan. Jenis kanker tertentu menghasilkan  zat kimia dalam tubuh yang pada gilirannya menyebabkan “bau napas yang khas”. Rasa mulas yang kronis juga dapat menyebabkan bau mulut, karena asam lambuing terus meningkat.