Saat bangun dari berjongkok, Anda kerap merasa nyeri lutut. Rasa nyeri semakin menjadi saat menaiki tangga. Bila gejala tersebut sering terasa, bisa jadi Anda terserang penyakit osteoarthritis. Begitu disebutkan spesialis ortopedi dr Andito Wibisono SpOT

Osteoarthritis sebenarnya merupakan proses penipisan tulang rawan sendi. Namun, orang awam kerap menyamakan dengan penyakit asam urat dan reumatik. Sendi terdiri dari rawan sendi dan selaput synovial, serta di luarnya terdapat ligamen yang menjaga kestabilan dan otot yang membuat sendi dapat bergerak sempurna.

Terdapat dua macam jenis OA. Pertama, OA primer yang terjadi pada mereka yang biasanya berusia di atas usia 45 tahun, penyebabnya adalah proses penuaan alami. OA ini menyerang secara perlahan tapi progresif, dan dapat mengenai lebih dari satu persendian. “Biasanya menyerang sendi yang menanggung berat badan seperti lutut dan panggul, bisa juga menyerang punggung, leher, dan jari-jari,” kata Andito

Pada OA primer, penyebabnya berhubungan dengan faktor usia, sesuai fakta banyak dari mereka yang berusia diatas 60 tahun mengalami penggugusan tulang rawan, dan OA tidak terjadi pada mereka yang berusia dibawah 30 tahun. Faktor usia memang  menjadi penyebab OA tetapi apa yang memicunya belum diketahui secara pasti.

Kedua, OA sekunder yang bisa terjadi pada semua umur dan umumnya disebabkan oleh trauma yang menyebabkan luka pada sendi (misalnya patah tulang atau permukaan sendi tidak sejajar), akibat bentuk sendi yang bengkok, seperti pada kaki bentuk O atau bentuk X. Penyebab lainnya adalah faktor genetik dan penyakit metabolik seperti asam urat, serta infeksi sendi seperti TBC.