Selain melakukan vaksinasi dan membiasakan diri mencuci tangan untuk melindungi diri dari penyakit, “senjata” lain yang direkomendasikan para ahli adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Para ahli gizi mengatakan, makanan sehat dapat membantu mencegah penyakit secara signifikan.

Makanan sehat dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga meningkatkan kemampuan Anda untuk menangkal penyakit menular seperti flu atau masalah kesehatan lainnya. Bahkan, kekurangan zat gizi mikro dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tetap sehat, kata Heather Mangieri, juru bicara Akademi Gizi dan Diet Amerika Serikat.

“Sistem kekebalan tubuh yang kuat tidak menjamin tubuh Anda dapat melawan setiap serangan flu, tetapi setidaknya dapat memberi pertahanan yang kuat. Nutrisi yang baik sangat penting untuk respon kekebalan tubuh yang kuat,” kata Mangieri.

Menurut Mangieri, dengan mengonsumi beberapa zat gizi penting, kita dapat meningkatkan kualitas kekebalan tubuh. Berikut adalah zat gizi beserta jenis makanan alami untuk membantu meningkatkan imunitas :

-Protein merupakan bagian penting dari sistem pertahanan tubuh Anda. Makanan yang merupakan sumber protein antara lain makanan laut, daging tanpa lemak, unggas, telur, kacang-kacangan dan kacang polong, produk kedelai dan kacang-kacangan dan biji-bijian tanpa garam tambahan.

-Vitamin A berfungsi membantu mencegah infeksi dengan menjaga kulit dan jaringan di mulut, lambung, paru-paru dan usus agar tetap sehat. Nutrisi ini, Vitamin A banyak ditemukan dalam ubi jalar, wortel, kangkung, bayam dan paprika merah. Vitamin ini juga dapat membantu tubuh mengatur sistem kekebalan tubuh.

-Vitamin C memicu tubuh untuk memperbanyak produksi antibodi. Jeruk, jambu biji, stroberi dan pepaya adalah beberapa makanan yang kaya vitamin C.

-Vitamin E adalah antioksidan yang dapat memberikan dorongan untuk sistem kekebalan tubuh. Sumber vitamin E antara lain biji bunga matahari, almond, hazelnut, selai kacang atau bayam.

– Zinc, zat gizi yang ditemukan dalam daging sapi tanpa lemak, gandum, kepiting, dedak gandum, biji bunga matahari, kacang polong, almond, susu dan tahu, dipercaya juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.