Sebenarnya kita semua harus mengenali gejala penyakit jantung karena itu merupakan awal dari salah satu penyakit paling mematikan bagi manusia. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa jantung merupakan salah satu organ paling vital mahkluk hidup terutama pada manusia.

Organ jantung pada manusia memiliki fungsi sebagai alat pemompa darah ke seluruh bagian tubuh. Akan tetapi, jantung bukanlah organ yang tidak bisa terjangkit penyakit. Beberapa penyakit bisa hinggap pada jantung dan bisa mengganggu proses memompa darah.

Jika kerja jantung sudah terganggu, maka pastinya akan sangat berpengaruh pada organ-organ vital lainnya yang juga memiliki fungsi sangat sentral dalam tubuh manusia. Jika beberapa penyakit tersebut mulai menggerogoti jantung hingga terlampau lama, maka akan timbul penyakit yang sering kita sebut penyakit jantung.

Jika kita terkena vonis seperti itu, maka jantung pun tidak akan bisa bekerja seperti biasanya. Jika ditelaah lebih mendalam, penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang cukup ganas karena bisa mengakibatkan gagal jantung dan mati mendadak.

Sebab penyakit jantung koroner sendiri ternyata didiagnosa berasal dari sempitnya dan tersumbatnya pembuluh arteri yang ada di jantung. Semua itu dikarenakan adanya zat lemak yang bertumpuk dan semakin bertumpuk sampai berpengaruh pada lapisan-lapisan dinding nadi. Sebelum kita membicarakan beberapa gejala penyakit jantung, ada baiknya kita membaca beberapa penyakit jantung yang dinilai cukup berbahaya bagi kehidupan manusia.

Infark Miokard Akut. Otot jantung yang sudah tidak berfungsi lantaran tersumbatnya pembuluh arteri.
Fibrilasi Atrial. Gerak listik jantung yang mulai terganggu hingga kerja atrial juga terkena imbasnya.
Katup Jantung yang mulai menurun fungsinya. Katup jantung memiliki fungsi mengatur arah mengalirnya darah didalam jantung.
Aterosklerosis. Tebalnya dinding arteri akibat tumpukan lemak yang mengendap dan bisa berpengaruh pada kelancaran aliran darah ke sel-sel penting tubuh.
Inflamasi Jantung. Timbulnya inflamasi diakibatkan dari berbagai infeksi serta endapan racun dalam tubuh.
Arritmia. Tidak teraturnya irama dari jantung itu sendiri karena adanya gangguan dalam penangkap rangsangan di jantung.
Penyakit Jantung Rematik. Demam rematik yang bisa mengakibatkan katup jantung menjadi rusak.
Kardiomiopati. Rusaknya otot jantung hingga seluruh dinding bagian jantung tidak dapat bergerak semestinya.
Gagal Jantung Kongestif. Kemampuan jantung yang sudah tidak mampu lagi untuk melakukan tugasnya sebagai pemompa darah.

Advertisements