Dalam kesehariannya mahasiswa memiliki karakter yang berbeda satu dengan lainnya. Mahasiswa dipandang sebagai orang yang sudah dewasa, mempunyai pendirian, dan karakter sendiri. Berikut ini tipe – tipe mahasiswa berdasarkan kesehariannya :
1. Mahasiswa Kura – Kura

Kura – kura artinya kuliah rapat – kuliah rapat. Mahasiswa yang satu ini suka mengikuti kegiatan dan organisasi di dalam dan luar kampus. Kategori ini bisa dibilang mahasiswa eksis dan gaul. Mahasiswa kura – kura biasanya sangat terkenal di kampus karena banyak terlibat di acara kampus. Mahasiswa tipe ini biasanya akan menjadi mahasiswa yang percaya diri, supel, pandai berkomunikasi, dan berani berpendapat.
2. Mahasiswa Kupu – Kupu

Kupu – kupu artinya kuliah pulang – kuliah pulang. Mahasiswa yang satu ini biasanya pulang ke kos atau ke rumah setelah selesai kuliah. Mereka tidak betah lama-lama di kampus bisa karena tidak ada kegiatan menarik di kampus, ada tugas menumpuk, dan mungkin suasana rumah lebih membuat dia nyaman. Karakter mahasiswa yang satu ini biasanya tertutup dan pemalu. Tapi belum tentu semua berkarakter seperti itu, semua bergantung pribadi , kebutuhan, dan keadaan masing-masing individu.

3. Mahasiswa Kunang – Kunang

Kunang – kunang artinya kuliah nangkring – kuliah nangkring. Mahasiswa yang satu ini biasanya pulang kuliah terus langsung nangkring ( nongkrong ) di cafe, mall, kantin, dll. Mahasiswa tipe ini suka kumpul rame-rame dengan teman-teman sekedar ngobrol dan nggosip. Biasanya selalu ‘OK’ untuk diajak pergi kemana-mana. Mahasiswa tipe ini biasanya pandai bersosialisasi, supel,gaul dan asik dijadikan teman.

4. Mahasiswa Kuda – Kuda

Kuda – kuda artinya kuliah dagang – kuliah dagang. Mahasiswa yang satu ini biasanya selain kuliah mereka juga berdagang. Mereka biasa berjualan makanan, pulsa, alat elektronik, obat kecantikan, dll. Mereka memiliki jiwa bisnis, mandiri, dan bisa memanfaatkan peluang yang ada, sangat baik untuk pengalaman ke depan menjadi enterpreneur. Biasanya mahasiswa malu dan malas untuk berjualan dalam kampus tetapi mahasiswa tipe ini memiliki keberanian dan pikiran yang maju untuk memulai bisnis. Selain bisa menambah uang saku, hasil dari jualan juga biasa dipakai untuk membiayai kuliah mereka sendiri.
5. Mahasiswa Kuper

Kuper artinya kuliah perpus. Mahasiswa yang satu ini biasanya pulang kuliah terus langsung ke perpus (perpustakaan). Mereka suka membaca dan belajar untuk menambah pengetahuan mereka. Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa calon-calon asdos (asisten dosen) karena dinilai rajin dan pandai. IP lebih dari 3 sudah biasa diraih mahasiswa yang satu ini. Secara akademik mereka memang unggulan dan tidak perlu diragukan nilai-nilainya. Mereka haus prestasi dan kompetisi, maka dari itu mereka senang mengikuti lomba-lomba.

6. Mahasiswa Kuker

Kuker artinya kuliah kerja. Mahasiswa tipe ini seusai kuliah mereka fokus ke pekerjaan. Selain kuliah mereka juga memiliki pekerjaan di luar kampus bisa part time atau wirausaha. Mahasiswa yang satu ini mempunyai tanggung jawab untuk mencari uang, bisa karena tuntutan hidup atau ingin mandiri. Karakter mahasiswa tipe ini adalah berprinsip, mandiri, berani, dan bertanggung jawab.
Berdasarkan uraian di atas, yang manakah karaktermu?Apapun karaktermu di atas, yang paling penting adalah jadilah diri sendiri. Tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain untuk membuat teman-temanmu terkesan. Percayalah bahwa dirimu itu baik dan spesial. Biarkan orang-orang melihat betapa baiknya kamu.. JUST BE YOURSELF!!