Berlian biasanya digunakan sebagai perhiasan eksklusif dan juga untuk memotong benda-benda keras. Keistimewaan berlian itu, kini dimanfaatkan oleh Chevrolet, menggunakannya sebagai lapisan komponen yang menjadi “jantung”mesin, yaitu cincin (ring) piston.

Chevrolet juga sudah mengumumkan, ring piston berlapiskan berlian itu akan digunakan pada mesin Ecotec 1.4L turbo yang akan menjadi sumber tenaga Sonic (Aveo) dan Cruze produksi tahun ini. Tujuannya, untuk mengurangi gesekan ring dengan dinding silinder. Dengan demikian, kerja mesin makin efisien, irit bahan bakar dan tak kalah menarik, daya tahan atau umur pakai lebih hebat.

Maklum, berlian adalah materi yang sangat keras. Tak kalah menarik, dengan teknologi penggerasan berlian, ring piston bisa lebih merapat ke silinder dan tekanan yang keras. Chevrolet mengaku, teknologi ini pertama kali digunakan untuk mesin buata mereka.
DLC
Teknologi ini disebut juga diamond-like carbon coating (DLC), pelapisan karbon seperti berlian. Teknik ini dilakukan dengan membuat permukaan sintetik, dinilai canggih dengan aplikasi pada otomotif relatif baru.

Sebelumnya, teknik tersebut hanya diaplikasikan pada produk terknologi canggih terkini, yaitu “hard drive” komputer, implan bedah tulang (orthopedic implant) dan semi-konduktor. Dijelaskan pula, GM sat ini juga menguji teknik ini untuk digunakanpada perkakas pengerjaan mesin (machine tools).

Mengurangi gesekan
Cincin piston berfungsi menyekat ruang bakar pada mesin, membantu memindahkan panas dari piston ke dinding silinder dan mengurangi pemakaian oli. Pada mesin Ecotec 1.4L Turbo, ring bajanya dibuat dengan permukaan mulus dan diperkeras secara sintetik. Tujuannya, untuk meningkatkan daya tahan atau tidak cepat cepat aus.

“Terima kasih terhadap proses pelapisan berlian. Karena tegangan ring lebih rendah, gesekan pada permukaan dinding silinder berkurang. Konsumsi bahan bakar tentu saja lebih makin irit,” kata Rich Ricchi, GM Powertrain Technical Specialist. Ditambahkan, DLC juga menggurangi konsumsi, tingkat keuasan juga rendah karena menggunakan lapisan DLC.

Lebih irit
Dengan menggunakan ring piston berlian, mesin Ecotec 1.4L turbo dan transmisi 6-percepatan, konsumsi bahan bakar Sonic – diperkirakan dengan metode EPA – 12,3 kpl di dalam kota dan 17 kpl di jalan tol. Sedangkan pada Chevrolet Cruze, 11 kpl di kota dan 16 kpl di jalan tol.

Dijelaskan pula, aplikasi teknologi ini tergantung pada intensitas penggunaannya. Pelapisan karbon seperti berlain, direkayasa secara kimia untuk menahan keausan, mengontrol gesekan dan mengurangi daya lengket. Untuk industri, GM menggunakan formula DLC pada mata bor. Tujuannya, mencegah aluminium menempel pada mata bor yang menyebabkan terjadinya “getah” dan menyebabkan proses kerja jadi lambat.

Selain ring piston, GM juga melihat peluang besar DLC digunakan untuk tuas atau pelatuk katup yang mulai diperoduksi pada awal 2014.

“Melalui riset bertahun-tahun di laboratorium, kami memahami proses DLC pada level atomik. Teknik ini punya harapan masa depan bagus karena bisa digunakan untuk memudah proses pembuatan komponen dan meningkatkan kualitasnya. Bagi konsumen, biaya perawatan juga murah,” beber Michael Lukits, periset senior GM

Advertisements