Volvo Trucks mengembangkan sistem komunikasi berbasis GSM baru yang memungkinkan bengkel mengetahui kondisi truk dari jarak jauh. Dengan cara ini, diharapkan, perusahaan jasa angkutan yang menggunakan truk Volvo memperoleh layanan pemeliharaan lebih cepat dan bisa menekan biaya. Sistem ini mulai dirilis di Eropa pada 2013.
Untuk ini, Volvo Trucks mengunakan Telematics Gateway (TGW) versi terakhir yang dipasang di truk. Selanjutnya, mekanik bengkel Volvo bisa memantau tingkat keausan dan kondisi komponen dengan membaca kode-kode gangguan dari jarak jauh melalui jaringan GSM.

“Dengan fasilitas baru ini, bengkel akan menerima informasi secara terus-menerus tingkat keausan sejumlah komponen,”jelas Christian Gustavsson, Kepala Servis Volvo Trucks.

Pada sistem baru ini, teknisi bengkel dapat mengetahui jarak tempuh truk dan mengetahui mengapa beberapa komponen cepat aus. Setelah itu, bengkel langsung merencanakan layanan sesuai dengan kebutuhan setiap truk yang sebenarnya.

“Ini mempercepat perjalanan dan memperkecil risiko harus menepi di jalan (mogok). Juga meningkatkan keamanan dan mengurangi administrasi bagi perusahaan besar. Tingkat kepercayaan konsumen juga meningkat,” lanjut Christian Gustavsson.