Ketika Gemini dan Cancer menjalin hubungan asmara, keduanya menjadi pasangan yang ingin tahu satu sama lain. Sifat sensitif dan emosional yang dimiliki Cancer bisa membuat masalah dalam komunikasi keduanya tetapi komunikasi yang jelas adalah definisi sosok Gemini. Sikap dan perkataan Gemini yang sangat sopan dapat memotivasi sang Kepiting bisa keluar dari rumahnya lebih cepat dari biasanya. Sementara itu Cancer dapat mengajarkan Gemini untuk pelan-pelan mengapresiasi arti kehidupan. Konflik akan muncul jika Gemini tetap tidak mengindahkan Cancer atau tidak memberikan jaminan dan keintiman terhadap Cancer. Keduanya harus bisa mengerti dan menerima perbedaan yang mereka miliki.

Cancer memiliki sifat rendah hati, sedangkan Gemini adalah seorang pemikir. Gemini bisa dengan mudah terjerumus dalam sifat yang menjadi prajurit perang, sedangkan Cancer menunjukkan karakteristiknya yang melindungi orang yang ia cintai. Kualitas rumah tangga menjadi sangat penting bagi Cancer, dan Gemini akan dimanjakan dengan sifat Cancer yang sangat suka dengan masakan rumah dan tempat tidur yang empuk. Cancer selalu berpikir berdasarkan intuisinya dan memelihara hubungan fisik dengan orang yang dicintainya. Hubungan mereka akan berjalan dengan mulus jika Gemini bisa menenteramkan hati orang yang mereka cintai dan kasihi.

Gemini bernaung di Planet Merkurius (komunikasi) dan Cancer bernaung di Bulan (Emosi). Cancer suka menyimpan perasaan mereka dan sulit untuk mengungkapkannya. Mereka iri dengan sifat Gemini yang terbuka, komunikasi yang jelas yang dipengaruhi Merkurius. Sementara itu Gemini bisa mengambil keuntungan dengan pendekatan secara intuisi. Cancer bisa mengajarkan Gemini untuk bergerak agak santai dan mengapresiasi hidup dengan hal-hal yang baik daripada melakukan hal-hal baru secara terburu-buru.

Gemini memiliki lambang Udara dan Cancer memiliki lambang Air. Jika keduanya bisa bekerjasama maka mereka bisa menjadi sebuah tim yang kuat karena selain itu pasangan ini membuat keputusan berdasarkan kombinasi emosi dan intelek. Permasalahan pada pasangan ini adalah belajar untuk bekerja sama. Mereka memiliki pandangan yang berbeda. Perasaan emosional yang dalam dari diri Cancer terkadang bisa meluluhkan semangat Gemini yang berkobar-kobar. Kesimbangan bisa didapatkan jika keduanya bisa terbuka satu sama lain.

Gemini memiliki simbol berubah-ubah dan Cancer memiliki simbol Kardinal. Gemini lebih fleksibel dan mau mengikuti arus, sedangkan Cancer adalah orang yang suka mengambil inisiatif sendiri. Gemini bisa menjadi seorang pemimpin dengan keberaniannya. Keduanya masih harus belajar bagaimana memimpin.

Apakah aspek terbaik dari hubungan Gemini-Cancer? Ketika mereka menyadari bahwa mereka berada di pihak yang sama, maka keduanya bisa berkembang menjadi lebih baik secara bersama. Gemini selalu berpikir ke depan, dan Cancer secara tidak langsung mendukung ide-ide Gemini. Kemampuan keduanya saling mengisi perbedaan membuat hubungan asmara keduanya menjadi lebih berarti.