Pada sepeda motor dengan mesin yang sudah menggunakan sistem injeksi atau PGM-FI pada Honda, untuk memudahkan pemilik atau mekanik mengatasi gangguan, komputer dilengkapi dengan fungsi diagnosa mandiri atau self diagnostic function. Jika terjadi gangguan, lampu indikator gangguan atau Malfunction Indicator Lamp (MIL) akan menyala selama 2 detik dan kemudian mati (kalibrasi). Bila terjadi kegagalan atau kelainan pada sensor-sensor PGM-FI, lampu akan memberikan kode berupa kedipan sesuai dengan sensor yang rusak.

Ada 2 jenis kedipan MIL yaitu pendek (0,3 detik) dan kedipan panjang (1,3 detik). Jika berkedip pendek, berarti 1 dan MIL berkedip panjang berarti 10. Kode tersebut akan terus berkedip hingga permasalahan dapat diatasi. Jika terjadi dua atau lebih kerusakan, semua kode akan dikeluarkan secara berulang-ulang dan terjadi selama posisi kunci kontak ON.

Setiap kedipan itu merupakan kode untuk mendeteksi lokasi kerusakan pada mesin dengan teknologi PGM-FI. Dengan cara ini masalah bisa ditangani dengan cepat dan akurat.

Berikut kode tersebut

Jumlah Kedipan dan Kode Kerusakan

1kali masalah pada Manifold Absolute Pressure
7 masalah pada EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature)
8 kali masalah pada Throttle Position (TP)
9 kali masalah pada Air Intake Temperature
12 kali masalah pada Injector
21kali masalah pada Sensor O2/oksigen
29 kali masalah pada Idle Air Control Valve (IACV)
33 kali masalah pada Engine Control Module (ECM)
54 kali masalah pada Bank Angle sensor