Masalah yang datang dalam hubungan, merupakan hal biasa. Namun, bagaimana Anda mengetahui kalau hubungan yang selama ini dijalani sedang berada di jurang perpisahan?

Sebenarnya, saat hubungan sudah hambar dan tak berjalan dengan baik sudah pasti Anda merasakannya. Tapi, keinginan untuk mempertahankan, membuat Anda seringkali melakukan penyangkalan.

Ketahui pertanda saat hubungan dalam bahaya. Bukan hanya didera masalah, tapi juga sangat berisiko berujung perpisahan.

Memata-matai
Selama ini Anda mungkin tak terlalu memperdulikan akun Facebook, Twitter, atau email pasangan. Itu karena Anda percaya dengannya. Tapi ketika mulai muncul kebiasaannya yang mencurigakan, Anda pun mulai memeriksa akun jejaring sosial miliknya. Bahkan, tak segan untuk melihat isi emailnya karena Anda tahu password-nya.

“Saat kecurigaan yang begitu besar datang, dipastikan Anda kehilangan kepercayaan pada pasangan termasuk merasa tidak aman dalam hubungan yang sedang dijalani. Ini melelahkan dan tentunya menandakan hubungan yang tidak sehat,” Yvonne K. Fulbright, Ph.D., psikolog dan juga penulis buku Sultry Sex Talk to Seduce Any Lover, dikutip dari ivillage.com.

Tak bisa jauh dari ponsel
Dengan berbagai aplikasi seru, memang bisa membuat seseorang selalu sibuk dengan ponsel pintarnya. Namun, jika pasangan selalu memeriksa layanan pesan singkat, Twitter atau kotak pesan di Facebook, bisa jadi tanda bahaya.

“Ia bisa saja mulai berhubungan dekat dengan orang lain. Atau, ketika sedang terlibat pembicaraan dan dia sibuk dengan ponselnya, pertanda Anda bukan prioritasnya,” kata Fulbright

Kehangatan memudar
Si dia dulu selalu berusaha menggandeng tangan Anda, dan Anda pun membalasnya. Kini, Anda ataupun pasangan tak berusaha untuk menciptakan kehangatan dan merasa tak masalah dengan hal itu.

“Hampir semua pria selalu menginginkan hal intim kapanpun, ini sangat alami. Meskipun, ketika hubungan sedang bermasalah. Ketika mereka kehilangan hasrat seksual pada pasangannya dan Anda tak berusaha menariknya, bisa jadi ia tak lagi tertarik pada Anda secara romantis. Atau mungkin, ia sudah lelah dengan penolakan Anda,” ujar Fullbright.

Anda tak tertawa saat dia melontarkan candaan
Ketika sedang jatuh cinta, Anda tak akan mempermasalahkan apakah candaannya lucu atau tidak, tetap saja muncul reaksi tawa. Ini pertanda kalau hasrat Anda untuk bersenang-senang bersama si dia mulai memudar.

Jangan membiarkan hal ini dalam waktu lama. Kehilangan hasrat akan sangat berisiko memicu Anda atau dia mencari “kesenangan” di luar.

Tak membicarakan masa depan
Satu hal yang dilakukan pasangan solid adalah berspekulasi tentang masa depan. Bisa merencanakan pernikahan, tempat tinggal, liburan bersama, atau mungkin nama anak. Tak membicarakan masa depan, bisa jadi tanda kalau Anda dan dia memang tak berharap hubungan jangka panjang.

“Saat membicarakan masa depan bersama tak pernah dilakukan atau euforia membicarakanya mulai menghilang, pertanda itu tak akan jadi realita. Dibutuhkan usaha dua orang untuk membangun masa depan bersama,” kata Fullbright.