Protein dibutuhkan tubuh untuk membentuk otot, memperbaiki jaringan yang rusak dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi satu ini banyak dijumpai pada makanan hewani, seprti unggas, ikan dan sapi. Tapi bagaimana dengan para veganisme atau orang yang sedang mejalani program diet?

Dalam dunia veganisme, ada empat jenis nabati penghasil protein baik yang tak kalah dari hewani, diantaranya:

Pseudograins

Pseudograins adalah suber nabati yang berasal dari biji-bijian. Bahan pangan ini bebas gluten dan kaya protein. Contohnya yaitu millet dan quinoa.

Info nutrisi: Satu cangkir pseudograins yang telah dimasak memiliki kandungan 10 gram protein rata-rata di dalamnya.

TVP

TVP adalah singkatan dari texturized vegetable protein. Bahan ini merupakan pengganti bahan daging yang terbuat dari bahan tepung kedelai. Produk ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk kuring atau potongan, dan bila diarutkan dalam air akan berubah menjadi padat dan bertekstur.

Info nutrisi: Dalam satu cangkir TVP menawarkan 14 gram protein.

Tempe
Terbuat dari kedelai yang difermentasi. Bertekstur kasar dan berserat, berbeda dengan tahu yang sama-sama terbuat dari bahan kedelai. Tahu cenderung bertekstur lembut dan empuk.

Info nutrisi: Empat ons tempe yang dikonsumsi sebanding dengan 24 gram protein.

Seitan

Seitan terbuat dari gluten, yang biasa terdapat pada gandum. Seitan memiliki tekstur yang kenyal dan padat, sehingga sering digunakan sebagai daging tiruan.

Info nutrisi: Satu porsi seitan memiliki kandungan 18 gram protein.