Tidak hanya apartemen yang bisa dikonsep sebagai hunian Small Office Home Office atau SOHO. Rumah tapak atau landed house juga bisa dikonsep serupa.

Namun, tentu, memfungsikan rumah sekaligus sebagai kantor memerlukan kecermatan dalam perencanaan dan perancangan ruang. Ini penting agar dua fungsi berbeda antara hunian dan pekerjaan benar-benar bisa terpisahkan secara jelas. Karena dengan begitulah, tatanan ruang kerja tidak akan mengganggu kenyamanan bertempat tinggal, begitu pula sebaliknya.

Untuk mengorganisasi ruang kerja dalam hunian, ada beberapa hal yang memang perlu dipertimbangkan. Seperti apa saja kira-kira aktivitas di ruang tersebut? Apakah ruang kerja memadai dan mendukung kinerja Anda? Siapa saja bekerja di ruangan tersebut dan berapa lama waktu bekerja yang dibutuhkan?

Pemisahan ruang

Langkah pertama untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas adalah melakukan pemisahan area. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat luas tanah dan bangunan rumah Anda. Pemisahan ruang kerja ini nantinya akan menimbulkan pertanyaan, yaitu merupakan bangunan terpisah namun masih dalam satu kawasan atau dibuat menyatu dalam hunian?

Sirkulasi

Selanjutnya, Anda harus mengatur sirkulasi udaranya. Idealnya, sirkulasi kedua ruang ini tidak saling mengganggu. Caranya bisa dengan memberi pintu masuk berbeda. Namun, bila tak memungkinkan membuat dua pintu masuk berbeda, maka Anda bisa mengatur ruang kerja di salah satu sudut rumah yang letaknya paling dekat ruang publik. Misalnya, dengan menggabungkan ruang kerja dengan ruang tamu atau ruang keluarga.

Mengatur furnitur

Setelah berhasil menentukan ruangan, kebutuhan lainnya adalah furnitur dalam ruang kerja. Untuk menentukan faktor ini, ada baiknya melihat lebih dulu jumlah orang yang beraktivitas dalam ruangan tersebut. Setelah tahu jumlahnya, mulailah Anda mendata kebutuhan furnitur.

Agar efisien, perbanyak tempat penyimpanan multifungsi seperti meja kantor dengan banyak rak dan laci, atau seluruh perangkat elektronik di satu rak besar, kursi multifungsi dan lainnnya. Menyiasati bentuk furnitur ini nantinya akan menghindarkan kesan sumpek dan padat pada ruangan. Selain bentuk, pengaturan furnitur berfungsi memperlancar sirkulasi udara serta lalu lintas dalam ruangan. Setelah itu, Anda juga perlu menata letak furnitur-furnitur tersebut dengan menyerupai huruf I, L, dan O.

Cahaya

Cahaya juga penting agar aktivitas di ruang kerja berjalan dengan nyaman. Untuk itu, Anda harus memilih penerangan yang tepat, seperti lampu dengan sinar berwarna putih lebih ideal menemani aktivitas bekerja.

Kamar mandi khusus

Kebutuhan kamar mandi untuk karyawan penting diperhatikan atau mutlak. Alasannya, bila dibuat menyatu dengan kamar mandi untuk anggota keluarga, maka privasi akan cenderung terganggu, terutama dari pihak keluarga.

Ruang multifungsi

Ketersediaan ruang multifungsi dapat dipakai untuk beberapa fungsi sekaligus, terutama jika Anda memiliki karyawan lebih dari 4 orang. Ruang serba guna ini bisa digunakan untuk ruang makan, rapat, menerima tamu, sholat, beristirahat sejenak dan aktivitas lainnya.

Parkir

Poin yang terlupakan untuk ruang kerja dalam hunian adalah area parkir. Maka, Anda perlu menyiapkan tempat parkir yang memfasilitasi karyawan, tamu, juga anggota keluarga.