Beberapa pengembang sekarang tertarik mengembangkan konsep Small Office Home Office (SOHO) pada hunian vertikal. Hal itu dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan tinggal sekaligus berkerja dalam satu hunian.

Untuk mengetahui apakah konsep ini cocok dengan kebutuhan hidup Anda, mari kita lihat kelebihan maupun kekurangannya:

Bertempat tinggal dalam hunian berkonsep SOHO akan menghemat waktu dan biaya transportasi. Karena memang, Anda tak perlu menyewa tempat, serta membutuhkan waktu lama untuk mencapai lokasi kerja.

Keuntungan lainnya ialah waktu kerja yang fleksibel, tidak terikat jam kerja pada umumnya. Bahkan, Anda bisa lebih dekat dengan keluarga. Bila hunian tempat Anda tinggal adalah apartemen dengan beragam fasilitas, maka akan semakin mendukung aktivitas kerja Anda. Di sini, banyak pilihan dan desain yang bisa disesuaikan kebutuhan.

Namun, perlu Anda ingat, konsep fleksibel ini harus diimbangi dengan kedisiplinan dalam kerja. Karena tanpa jam kerja yang mengikat, semua pekerjaan harus diatur dalam manajemen yang baik. Bekerja dari tempat tinggal berarti Anda siap akan bertambahnya biaya operasional. Biaya tersebut seperti tambahan biaya listrik, air, serta jaringan komunikasi.

Pastikan pula lokasi tempat kerja sekaligus tinggal ini jelas. Karena tinggal di apartemen dengan jumlah unit banyak, bila tidak jelas, tamu atau klien bisa kesulitan mencari lokasi Anda.

Konsep hunian SOHO ini tepat diaplikasikan untuk Anda seorang profesional atau pengusaha yang baru saja membuka usaha baru. Namun, mengingat luasnya terbatas, konsep ini membuat Anda tak bisa merekrut banyak karyawan.