Sedan premium Hyundai Sonata dikenal memiliki handling responsif yang menjadi salah satu kelebihannya. Keunggulan tersebut tercipta berkat suspensi khusus yang telah mengadopsi sistem Amplitude Selective Damper (ASD). Fitur ini mampu meningkatkan kinerja suspensi sehingga handling lebih aman dan nyaman.

Struktur ASD dilengkapi fitur ASD valve atau sliding piston serta ditopang fitur fixed piston dengan katup konvensional. Dengan fitur-fitur ini maka tekanan pada shock absorber akan menyesuaikan frekuensi beban pada roda dan kondisi permukaan jalan.

Pada saat frekuensi tinggi maka tekanan ayunan suspensi berlangsung rendah. Kinerja ini tercipta berkat gerak ayunan yang menyesuaikan pada sliding piston sehingga handling menjadi lebih baik.

Sementara pada saat frekuensi rendah, kinerja sliding piston berlangsung statis sehingga tekanan ayunan meninggi guna meningkatkan faktor keamanan saat berkendara.

“ASD menawarkan tingkat pengendalian setir lebih aman dan nyaman dibanding tipe suspensi konvensional. Fitur ini akan bekerja maksimal sesuai usia shock absorber itu sendiri,” ungkap Boyke A.S, Product Planning Department HMI.

Lebih lanjut Boyke menambahkan umumnya periode durabilitas dan penggantian komponen shock absorber dengan fitur ASD antara 30.000-60.000 km dan tergantung pemakaian.