Tak mudah untuk membuat seseorang rela berolahraga setiap hari. Waktu olahraga bukan hanya mengurangi jam tidur, waktu beristirahat, bahkan waktu kerja kita. Namun begitu, sebenarnya ada alasan utama mengapa kita harus terus termotivasi berolahraga.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Sport & Exercise Psychology menemukan bahwa olahraga sedikitnya 15 menit setiap hari akan meningkatkan perasaan positif seperti antusiasme, kebanggaan, kebahagiaan, dan kegembiaraan.

Hal itu disimpulkan berdasarkan penelitian terhadap aktivitas harian 190 mahasiswa. Mereka membuatkan jurnal kegiatan untuk mengetahui durasi olahraga yang dilakukan serta status emosi secara keseluruhan.

Makin aktif seseorang bergerak, makin tinggi perasaan bahagia mereka. Bahkan, menurut peneliti dari Penn State University yang melakukan riset ini, hari dimana mahasiswa itu berolahraga adalah masa dimana perasaan positif mereka begitu besar.

David Conroy, ketua penelitian ini, mengatakan kebanyakan orang kehilangan motivasi olahraga karena mereka tidak melihat hasilnya secara instan. Jangankan penurunan berat badan, daya tahan dan kekuatan otot saja tidak dirasakan. Namun dengan mengetahui manfaat olahraga terhadap mood ini, seharusnya kita bisa lebih bersemangat untuk membakar keringat sampai tujuan jangka panjangnya bisa dicapai.

Meski dalam penelitian itu tidak disebutkan berapa menit waktu yang dibutuhkan untuk merasakan kegembiraan dan kebahagiaan, tetapi olahraga selama 15 menit diketahui sudah berdampak pada perubahan senyawa kimia di otak.