Oil Spill Dispersant OSD: adalah chemicals yang disemprotkan ke arah sisa2 oil spill yang masih ada (setelah melalui proses skimming) dengan memakai spray gun. Dispersant ini akan membuat gumpalan2 oil ter-dispersed dan terbiodegradasi agar efek pollutant dari oil spill tsb bisa diminimalisir dan atau dihilangkan. Ada beberapa jenis oil spill dispersant berdasarkan cara kerjanya :

OSD tipe pengumpul, artinya chemicalnya akan mengumpulkan minyak (melokalisir) agar tidak menyebar lalu dilanjutkan dengan pengambilan/penyedotan minyak yang telah terkumpul tadi.

OSD tipe pemecah, artinya partikel minyakl akan dipecah hingga sangat kecil lalu akan tersebar dengan bantuan arus laut. Dengan terpecahnya partikel minyak maka konsentrasinya pun akan menjadi kecil.

OSD tipe penggumpal. Artinya tumpahan minyak akan dikumpulkan lalu setelah ukuran partikelnya cukup besar dengan sendirinya akan tenggelam.

Absorbent : digunakan untuk menyerap dan membersihkan oil spill yang mengotori pantai, batu karang, dan tempat lain yang tercemar, untuk selanjutnya di masukkan ke dalam karung atau tempat pembuangan yang terisolasi sebelum di buang ke final disposal point.

Demulsifier adalah bahan kimia komplek yang dtambahkan untuk memecah ikatan emulsi pada air dan minyak, sehingga akan memudahkan untuk dilakukan pemisahan.

Oil dispersant : adalah chemicals yang disemprotkan ke arah sisa oil spill yang masih ada (setelah melalui proses skimming) dengan memakai spray gun. Sifat dispersant ini akan membuat gumpalan-gumpalan oil ter-dispersed dan terbiodegradasi agar efek pollutant dari oil spill tsb. bisa diminimalisir dan atau dihilangkan.