Oil separator adalah suatu alat yang dirancang untuk memisahkan minyak dengan padatan tersuspensi dari air limbah yang biasanya berasal dari kilang minyak, pabrik petrokimia, bahan kimia, pabrik pengolahan gas alam, pabrik pengolahan minyak sawit dan turunannya, serta sumber-sumber industri lainnya.

CPI (Coalescing Plate interceptor) Oil Separator adalah perangkat pemisahan hidrodinamik yang dirancang untuk menghilangkan pasir dan juga sedimen yang berat, minyak dan lemak, serta puing-puing juga materi apung (misalnya, sampah) melalui gravitasi. CPI adalah pemisah yang mempunyai media berupa rangkaian pelat-pelat pemisah yang akan meningkatkan efisiensi pemisahan minyak dengan air.

CPI Oil Separator digunakan untuk mengolah campuran minyak dan air sebelum di buang ke lingkungan melalui saluran air buangan, atau badan air permukaan. Pada umumnya separator yang beroperasi memanfaatkan diferensial gravitasi antara minyak dan air. Minyak mempunyai berat jenis lebih ringan dari air. Oleh karena itu, dengan waktu yang cukup, campuran minyak dan air akan terpisah menjadi dua lapisan, yaitu lapisan minyak yang mengambang di atas lapisan air. Hal ini memungkinkan minyak untuk dipisahkan dari air melalui separator. Air dibuang ke sistem saluran pembuangan sedangkan minyak dikumpulkan untuk diolah lebih lanjut.