Head-Up Display (HUD),  informasi yang ditayangkan sejajar dengan mata pengemudi di kaca depan, perkembangan dan penggunaannya pada mobil semakin hebat! Khususnya yang dikembangkan BMW. Kehebatannya, tampil lebih hidup, penuh warna, mirip gambar video dengan resolusi cukup tinggi.

 

Produsen mobil premium asal Jerman tersebut mengatakan, pengembangan HUD baru ini merupakan bagian dari program BMW ConnectedDrive dan ditawarkan untuk Seri-5 dan opsional untuk semua seri lainnya.

 

Lebih Aman

Menurut BMW, HUD dipilih karena lebih aman dibandingkan dengan informasi yang ditayangkan secara konvensional. Dikatakan, dengan HUD, pengemudi tetap bisa terkonsentrasi dan matanya fokus ke jalan.

 

Sebaliknya, pada sistem konvensional, pengemudi yang ingin membaca informasi harus melirik ke bawah atau ke samping. Bagi pengemudi normal dibutuhkan satu detik untuk membaca indikator kecepatan mobil yang ditayangkan panel instrumen atau melirik layar navigasi. Kondisi seperti itulah yang dinilai berbahaya.

 

Dengan menyatukan seluruh informasi pada sistem HUD, waktu yang dibutuhkan pengemudi membaca informasi jauh lebih cepat, hanya separo model informasi yang ditayangkan secara konvensional.

 

Tambahan, HUD juga bisa mengurangi mata lelah. Pasalnya, tidak harus berubah saat memlihat obyek jauh dan dekat. Di lain, HUD berwarna yang dikembangkan BMW ini kecerahannya bisa disetel, sesuai dengan kondisi lingkungan. Karena itu pula, mata tidak mertidak memerlufkan adaptasi ulang setiap saat.

 

Cara Kerja

HUD BMW ini bekerja dengan memproyeksikan gambar virtual ke kaca depan pada ketinggian sama dengan mata atau di atas kap mesin dan hanya bisa dilihat oleh pengemudi.

 

Reproduksi data dipengaruhi oleh intensitas sumber cahaya yang ditempatkan di dalam panel instrumen dan memancarkan sinar melalu layar TFT (translucent thin film transistor). Setelah itu, gambar dipindahkan ke kaca depan melalui cermin dengan bentuk khusus.

 

Penayangan gambar pada kaca depan atau menggunakannya sebagai reflektor, termasuk rumit. Pasalnya, sifat fisik dan bentuk kaca yang cembung. Pantulan garis cahaya pada kaca menghasilkan gambar (image) ganda.

 

Pada pesawat tempur, problem tersebut diatasi dengan menggunakan panel tambahan yang dipasang dalam lingkup penglihatan pilot. Solusi yang dilakukan BMW memanfaatkan fenomena fisik kertas timah wafer tipis yang ditanam di kaca depan. Dengan cara ini, gambar pantul yang dihasilkan dipastikan mulus dan tidak mengalami distorsi.

 

Kelebihan HUD baru berwarna ini, pengemudi lebih mudah membacanya. Spektrum warna yang lengkap membuat tayangan lebih realistik dan intuitif. Khususnya gambar dan simbol-simbol. Prosesnya juga lebih cepat karena tidak perlu mengubah sandi (decode) atau diterjemahkan.

Advertisements