Liburan sekolah anak merupakan saat dimana kita sebagai orang tua merencanakan untuk bepergian, baik keluar kota ataupun yang dekat-dekat saja. Agar liburan lebih santai, sering kita memutuskan untuk mengendarai kendaraan sendiri. Namun baca dulu tips dibawah ini agar perjalanan Anda menjadi aman, berkesan dan menyenangkan. Meski sabuk pengaman sudah terpasang dengan baik, anak masih saja bisa cedera, oleh karenanya berhati-hatilah terhadap:
• Benda-benda yang berterbangan
Seperti mainan, buku, atau perban – bisa jadi alat yang berbahaya bila Anda mengerem mendadak. Simpan barang tersebut di lantai atau bawah kursi. Ajarkan anak untuk tidak melempar apapun di dalam mobil.

• Pengalih perhatian yang membahayakan
Jika anak lapar atau ngambek, jangan terpancing untuk mengemudi dengan satu tangan sementara tangan lain menyuapi/bermain/menenangkan anak. Buat anak sibuk dengan mainannya. Begitu ada masalah, teruslah mengemudi sampai Anda bisa berhenti di tempat yang aman dan menuntaskan masalah. Ingatlah: ngambeknya si kecil lebih aman ketimbang tabrakan!
• Jari-jari tangan dan kaki
Periksa ulang di mana tangan dan kaki mungilnya berada sebelum Anda menutup pintu atau jendela. Bila perlu, pasang pengaman jendela atau kuncilah jendela secara sentral.