Halo teman-teman, maaf baru sekarang saya bisa menempelkan tulisan di sini. Sudah 3 bulan saya tidak melihat blog ini. Sudah 3 bulan saya tidak mendengar keluhan blog ini. Sudah 3 bulan juga saya tidak mengucapkan salam pada blog ini. Itu semua karena  selama 3 bulan ini saya selalu dihantui oleh 3 hal. Sungguh kata yang luar biasa yang saya dapatkan selama 3 bulan ini. 3 kata yang membuat saya belajar berpikir, belajar  mencerna, dan belajar menelaah suatu arti. 3 kata itulah yang membuat saya sedikit sibuk dengan keseharian dalam hidup ini. Keseharian yang bagaikan teka-teki  dimana jawabannya harus segera saya dapatkan.  Akhirnya setelah 3 bulan jawabannya saya temukan walaupun dimata teman-teman jawaban ini tidak mutlak benar, namun saya berharap 3 hal ini bisa membawa kita pada pola baru, paradigma baru, dan bisa memberi  kita semangat baru. Inilah 3 hal itu :

CONFIDENCE
Once, all village people decided to pray for rain. On the day of prayer, all the people gathered but only one boy came with an umbrella, that’s Confidence.

TRUST
Trust should be like the feeling of a one year old baby, When you throw him in the air,  he laughs… because he knows you will catch him, that’s Trust.

HOPE
Every night we go to bed, we have no assurance to get up alive in the next  morning but still we make plans  for the coming day,  that’s Hope.

ALWAYS MAINTAIN YOUR CONFIDENCE

HAVE SOME TRUST IN OTHERS

and NEVER LOSE HOPE !!!!!

Never  regret a day in your life,

Good days give you happiness,

Bad days give you experiences,

Both are essential to life

Begitulah kesimpulan yang dapat saya berikan dalam bahasan ini. Kesimpulan dari jawaban yang saya temukan dari semua pertanyaan selama 3 bulan yang selalu mengikuti. Yang mungkin bila dijabarkan akan mendapatkan 10 pikiran seperti di bawah ini :

  1. Janganlah kuatir Kekuatiran adalah penyebab aktivitas dan pikiran kita tidak produktif…
  2. Jangan membiarkan ketakutan-ketakutan tak beralasan menguasai hidup… Kebanyakan sesuatu yang kita takutkan tak pernah terjadi !!! .
  3. Jangan menyimpan dendam… Hal inilah yg paling besar dan paling menyita energi seluruh hidup kita !!!…
  4. Selesaikan setiap masalah satu per satu. Hanya inilah cara menangani setiap persoalan…satu demi satu..
  5. Semua masalah tak perlu dibawa tidur. Hal tersebut buruk dan tak sehat, biasakanlah tidur dengan nyaman…
  6. Jangan mencampuri masalah / urusan orang lain.. Mereka memiliki cara sendiri untuk menangani setiap masalahnya ..
  7. Jangan hidup pada masa lalu. Nikmatilah masa lalu sebagai kenangan..namun jangan tergantung padanya. Konsentrasilah hidup pada kejadian saat ini..dan akan bahagia sekarang …bukan hanya pada masa lalu.
  8. Jadilah pendengar yang baik. Hanya saat menjadi pendengar..seseorang mendapatkan dan belajar ide-ide baru berbeda dari orang lain…
  9. Jangan biarkan rasa frustrasi merusak dan mengatur hidup… Kasihanilah diri lebih dari segalanya..aktiflah dengan kegiatan-kegiatan positif…
  10. Hitunglah rahmatNya… Jangan pernah melupakan rahmat yang kita terima sekecil apapun…Semakin banyak rahmat kecil yg kita kumpulkan akan semakin berarti bagi hidup kita.

Cukup dulu untuk kesempatan ini teman. Esok kita ketemu lagi. Sekarang saatnya mengaplikasikan 3 hal di atas. Terima kasih Tuhan, terima kasih kawan, terima kasih semuanya.