Perempuan adalah suatu mahluk yang diciptakan Tuhan dengan sempurna, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, sama dengan ciptaan Tuhan lainnya. Perempuan adalah juga Individu yang indah dan unik serta mempunyai peranan tersendiri, peranan yang khusus di dalam kehidupan ini.

Perempuan bisa menjadi suatu pribadi yang menyenangkan dan mempunyai arti bila ia menyadari, memahami dan menjalankan fungsinya di posisi dimana dia ditempatkan di dalam dunia ini, baik sebagai anak, ibu, menantu, mertua, adik, kakak, istri ataupun teman. Lakukanlah fungsi kita sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang kita terima dari penciptanya. Saya tidak ingat bahwa ada suatu kondisi tertentu bila kita melakukan  suatu perbuatan tertentu. Tidak disebutkan bahwa saya akan mencintai, menghormati dan melayani dia bila dia juga melakukan hal yang sama, bila tidak, saya juga tidak mau melakukannya untuk dia, saya yang rugi dong. Well, ini bukan masalah untung rugi, karena kita tidak sedang berdagang. tetapi masalah janji kita pribadi dan masalah membantu satu sama lain. Bagaimana kita bisa bertumbuh dalam karakter yang lebih baik di dalam situasi yang terjelek sekalipun, jadi walaupun keadaan / pasangan kita tidak seperti yang kita harapkan, kalau kita mau. Jangan merepotkan / meributkan hal-hal yang tidak perlu. Tidak apa kalah untuk memenangkan the war. Mengalah untuk menang di dalam cara mengatasi keadaan dan kelangsungan pernikahan kita. Idealnya, semakin kita banyak  masalah, semakin kita bisa memberkati orang lain dengan menceritakan pengalaman kita dalam mengatasi dengan baik dan benar pengalaman hidup kita. Hidup yang memberkati adalah hidup yang memberi.

Siapa perempuan adalah bagaimana si perempuan itu sendiri memandang dan menghargai dirinya dan bagaimana orang lain memandang pribadi yang bersangkutan, walaupun hal ini tidak terlalu penting untuk dipikirkan. Banyak perempuan yang mencari identitas dirinya secara berlebihan untuk agar bisa diterima di masyarakat atau suatu kumpulan kelompok tertentu. Hal ini biasanya terjadi di masa-masa puber ataupun pada perempuan dewasa yang masih sibuk dengan banyak masalah identitas. Pendeknya, siapapun kita sebagai perempuan, identitas kita adalah sebagai ciptaan Tuhan, dan Tuhan sendiri sangat mengasihi dan peduli pada kita, bagaimanapun kita memandang diri kita. Banyak perempuan yang mengalami kejadian yang tidak menyenangkan kemudian memvonis dirinya dengan label-label tertentu, dan mengasihani diri sendiri.  Para perempuan perlu cepat bangkit dari kondisi yang seperti ini karena dari pemikiran yang salah bisa timbul tindakan yang salah, yang terjelek adalah bunuh diri, dan itu seringkali terjadi hanya karena tidak adanya self acceptance / penerimaan diri yang benar. Cobalah berdamai dengan diri sendiri, terima kekurangan dan kelebihan diri kita and tetap berusahalah. Ingatlah bahwa siapapun kita di masa lalu, itu hanya masa lalu, if we lose, don’t lose the lesson. Bila kita gagal, janganlah mengabaikan apa yang bisa dipelajari dari kegagalan itu. Yang terpenting adalah hidup di masa sekarang dan untuk masa yang akan datang dengan terus memperbaiki keadaan.

Perempuan adalah juga mahluk yang senang bersosialisasi. Senang untuk ngobrol kesana kemari dengan teman-temannya karena itu juga oleh sebagian perempuan digolongkan sebagai salah satu bentuk dalam mengungkapkan emosi dan perasaannya. Perempuan suka berbicara dan ingin didengarkan. Yang perlu diingat disini adalah carilah teman berbagi yang benar. Berteman boleh dengan banyak orang, tetapi bergaul yang lebih intens sebaiknya dengan orang-orang yang akan membawa pengaruh baik dalam diri kita. Karena ada tertulis bahwa pergaulan yang jelek merusak kebiasaan baik.

Carilah calon partner hidup yang bisa mendengarkan dan memahami diri kita sebagai perempuan, banyak-banyaklah berbicara mengenai berbagai pandangan hidup dan berbagai masalah, karena memiliki nilai dan kepercayaan yang sama di dalam suatu hubungan akan sangat membantu di dalam keharmonisan suatu hubungan. Ingatlah bahwa hidup adalah juga serangkaian masalah dan pengambilan keputusan, dan keputusan diambil berdasarkan value dan beliefs seseorang, akan sangat menyenangkan bila kita dan pasangan kita mempunyai cara pandang yang sama.