Di dalam jeroan mesin, komponen yang tidak kalah penting menentukan performa mesin adalah ring piston yang terdiri dari ring kompresi (paling atas), ring oli (paling bawah) dan ring wiper atau pembantu ring kompresi (tengah atau nomor dua).

Ring oli, merupakan bagian yang menentukan mesin rakus terhadap oli atau tidak. Bentuk khusus dan terdiri dari dua bagian. Nah, ring ini mendapat  perhatian khusus dari produsen piston terkenal di dunia, Federal-Mogul Corporation. Terutama aplikasi ring tersebut untuk mesin bensin moderen, sistem injeksi langsung. Sebelumnya, konsep ring ini digunakan Federal-Mogul pada mesin diesel.

Dengan paten LKZ –  menurut Federal-Mogul – ring tersebut dapat mengurangi konsumsi oli sampai 50 persen dan menurunkan gesekan 15 persen  dibandingkan ring oli  konvensional yang terdiri dua bagian. Alhasil, ring ini  juga mengirit konsumsi bahan bakar dan mengurangi emisi  CO2 dan umur pakai yang lebih lama.

Permukaan Berjenjang
Tipikal ring piston baru ini menggunakan tekanan yang sama pada diameter silinder saat menuju titik mati bawah (TMB) dan ke titik mati atas (TMA). Ring  ini mengombinasikan permukaan berjenjang dan tirus pada bagian kontaknya. Hasilnya, ketika munju TMB menghasilkan tekanan yang  besar dan akan berkurang saat kembali Ke TMB.

Tekanan ring saat piston ke TMB  lebih efektif untuk mengembalikan oli yang melumasi silinder ke bak oli. Sebaliknya, saat menuju TMA, bisa mencegah oli masuk ke ruang bakar.